Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BYD Daftarkan Mobil Baru di Indonesia, Sinyal Seal X

Kompas.com - 27/10/2024, 13:33 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BYD diketahui kembali mendaftarkan paten desain mobil baru di Indonesia. Mobil tersebut mirip dengan Ocean-M Concept yang sempat dipamerkan beberapa waktu lalu.

Dikutip dari laman Berita Resmi Desain Industri Nomor 59/DI/2024 yang diumumkan pada 25 Oktober 2024. Tertulis nama dan alamat pemohon desain tersebut adalah BYD Company Limited yang beralamat di Shenzhen, Guangdong, China.

Dalam data tersebut terlihat juga desain mobil mirip BYD Ocean-M Concept. Hal ini terlihat dari fascia bagian depan yang mengusung bahasa desain ocean, dengan tambahan spoiler di bagian belakang.

Baca juga: Begini Cara Menyalakan Mobil Matik yang Benar

Pendaftaran merek atau paten memang tidak bisa dipastikan sebagai sinyal peluncuran produk, namun hal ini jadi pintu masuk awal sebelum dipasarkan secara nasional.

Ketika dikonfirmasi, Luther T Panjaitan, Kepala Marketing dan Komunikasi PT BYD Motor Indonesia, belum bisa memberikan informasi lebih lanjut terhadap pendaftaran paten tersebut.

BYD diketahui kembali mendaftarkan paten desain mobil baru di Indonesia. Mobil tersebut mirip dengan Ocean-M Concept yang sempat dipamerkan beberapa waktu lalu. https://dgip.go.id/ BYD diketahui kembali mendaftarkan paten desain mobil baru di Indonesia. Mobil tersebut mirip dengan Ocean-M Concept yang sempat dipamerkan beberapa waktu lalu.

“Saya belum bisa memberikan konfirmasi apa-apa terkait rencana peluncuran khususnya di Indonesia, karena pada dasarnya perihal pendaftaran model dan paten ini sudah menjadi bagian penting pekerjaan R&D BYD untuk menjaga kekayaan intelektual, design dan paten kita di global,” ucap Luther, kepada Kompas.com, Minggu (27/10/2024).

Sebagai informasi, di pasar global, mobil konsep BYD Ocean-M yang dipamerkan pada ajang Beijing Auto Show 2024 sudah diproduksi dengan nama BYD Seal X.

BYD Seal X memiliki dimensi panjang 4.630 mm, lebar 1.880 mm, tinggi 1.490 mm, dan jarak sumbu roda 2.820 mm. Ban yang digunakan berukuran 225/80 R18.

Hatchback listrik dari negeri Tiongkok itu diklaim memiliki kecepatan maksimum hingga 200 kilometer per jam. BYD menawarkan dua sistem penggerak roda, yakni all-wheel-drive dan four-wheel-drive.

BYD Seal XDok. Carnewschina.com BYD Seal X

Selain itu, terdapat dua tipe, motor elektrik tunggal dan ganda. Untuk motor elektrik tunggal, tenaganya mencapai 160 kW. Sedangkan motor elektrik ganda, bisa mencapai 310 kW.

Untuk baterainya, tentu menggunakan blade battery dari FinDreams. Pada bagian eksteriornya, lampu depan yang ramping mengadopsi desain berbentuk bulan sabit. Sementara bagian bawahnya, mengadopsi desain seperti taring.

Baca juga: Zeekr Mix Meluncur, MPV dengan Tiga Pintu Geser

BYD Seal X juga akan menggunakan pelek berbentuk kelopak bunga atau capit kepiting, tersedia dalam ukuran 18 inci dan 19 inci.

Saat ini keluarga Seal di China sudah cukup beragam, mulai dari yakni Seal 06, Seal EV, Seal DM-i, Seal U (Song Plus), hingga Seal X.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau