Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tujuan Mobil Presiden Maung MV3 Garuda Masuk Bengkel di Magelang

Kompas.com - 27/10/2024, 16:00 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Belakangan ini viral video mobil Presiden Republik Indonesia Prabowo Subianto, Maung MV3 Garuda sedang melakukan pemeriksaan kaki-kaki di salah satu bengkel mobil di Jawa Tengah.

Dalam video tersebut tampak Maung MV3 Garuda Limousine berkelir putih sedang dilakukan pengecekan pada bagian kaki-kaki oleh sejumlah teknisi. Sejumlah aparat dengan seragam Tentara Nasional Indonesia (TNI) turut mengawasi kerja dari teknisi tersebut.

Video itu pun mendapat ragam komentar dari warganet, tak sedikit dari mereka yang heran dan mengira bahwa mobil orang nomor satu di Indonesia tersebut mengalami kerusakan.

Baca juga: Video Mobil Presiden RI Maung Garuda Masuk Bengkel buat Servis Kaki-kaki


Prabowo menggunakan Maung MV3 Garuda Limousine produksi PT Pindad selama beberapa hari di Magelang, dalam rangka pembekalan Kabinet Merah Putih di Borobudur International Golf & Country Club, kompleks Akmil, sejak Kamis hingga Minggu, 24-27 Oktober 2024.

Melansir dari Kompas.com, Presiden Prabowo Subianto meninggalkan kompleks Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, Minggu (27/10/2024) siang. Kepulangannya dari Lembah Gunung Tidar itu menyudahi rangkaian kegiatan pembekalan Kabinet Merah Putih selama empat hari terakhir.

Andy Setiawan, pemilik bengkel kaki-kaki mobil Setiawan Spooring Yogyakarta, mengatakan mobil tersebut sudah berada di bengkelnya sejak H-1, sebelum Prabowo sampai di Magelang.

Baca juga: Naik Maung Garuda, Presiden Prabowo Bertolak dari Akmil Magelang

@setiawan_spooring Kesan-kesan kami saat kedatangan mobil Pak Presiden, adalah grogi ???? Tapi bukan jadi alasan untuk tidak profesional. Apalagi jika kendaraan yang datang adalah kendaraan yang digunakan RI-1. #setiawanspooring #tokoban #jualban #maunggaruda #promoban ? original sound - Setiawan Spooring

 

“Bukan rusak, kami melakukan pemeriksaan alignment (sudut-sudut roda) terhadap mobil Maung MV3 yang bakal dipakai bapak Presiden Prabowo selama di Magelang,” ucap Andy kepada Kompas.com, Minggu (27/10/2024).

Andy mengatakan, pihak PT Pindad yang datang ke bengkelnya beserta anggota TNI berseragam lengkap. Mereka bertugas untuk memastikan keamanan mobil tersebut selama dikerjakan.

“Pindad memberikan data spesifikasi terkait sudut-sudut roda mobil yang diproduksi tersebut, nah kami bertugas menyetel agar sesuai dengan kondisi semula,” ucap Andy.

Baca juga: Prabowo Tinggalkan Akmil Pakai Maung Pindad, Sapa Warga dari Atas Mobil

Mobil Presiden RI masuk bengkel kaki-kaki mobil, Setiawan Spooring di MagelangSetiawan Spooring doc. Mobil Presiden RI masuk bengkel kaki-kaki mobil, Setiawan Spooring di Magelang

Andy mengatakan, proses spooring yang dilakukan pada Maung MV3 tersebut bukan karena kerusakan, melainkan perawatan berkala yang harus dilakukan.

“Karena sudut-sudut roda itu kan digerakkan oleh ulir baut, seiring pemakaian mereka bisa berubah, nah maka dari itu harus rutin disetel ulang agar sudutnya selalu akurat dan sama dengan setelan awal,” ucap Andy.

Justru bila mobil rusak, menurut Andy, pihaknya tidak bisa melakukan proses spooring. Hal ini perlu dipahami oleh semua orang, khususnya bagi para pengguna kendaraan roda empat, yang notabene juga membutuhkan jasa spooring.

Andy mengatakan, kunjungan mobil Presiden RI tersebut terjadi di salah satu cabang di Magelang. Sementara mobil yang ditangani hanya satu, yakni mobil yang dipakai Prabowo selama empat hari ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau