Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Mobil Presiden RI Maung Garuda Masuk Bengkel buat Servis Kaki-kaki

Kompas.com - 27/10/2024, 07:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Video di media sosial memperlihatkan mobil Presiden Republik Indonesia Prabowo Subianto, Maung MV3 Garuda sedang melakukan pemeriksaan kaki-kaki di salah satu bengkel mobil.

Dalam rekaman yang diunggah oleh akun Tiktok Setiawan Spooring, Jumat (25/10/2024), terlihat mobil Maung MV3 Garuda Limousine yang sedang dilakukan pengecekan pada bagian kaki-kaki oleh sejumlah teknisi.

Pada video itu juga tampak sejumlah aparat yang menggunakan seragam Tentara Nasional Indonesia (TNI) turut mengawasi kerja dari teknisi tersebut.

Video itu pun mendapat ragam komentar dari warganet, tak sedikit dari mereka yang heran dan mengira bahwa mobil orang nomor satu di Indonesia tersebut mengalami kerusakan.

Baca juga: Sopir Bus Oleng Langsung Dipecat, Langkah Tepat buat PO Bus

“Padahal nih mobil baru sekali di pakai, belum merasakan jalan rusak,” tulis akun Kuki Ciyon.

“Haaaa mobil baru sudah masuk spooring,” tulis komentar Dari Kontak Anda.

“Baru dipakai sudah ada yang rusak,” tulis komentar Er Man.

Pihak bengkel Setiawan Spooring pun menjawab pertanyaan warganet melalui video Tiktok yang berbeda.

Dikatakan bahwa servis yang dilakukan terbilang wajar, mengingat mobil tersebut sudah dimodifikasi sedemikian rupa untuk kepentingan keamanan Prabowo. Sehingga, harus dilakukan penyetelan ulang pada bagian kaki-kaki.

@setiawan_spooring Membalas @Bandalia J Bantu Jawab ya ???????? #setiawanspooring ? Walking Around - Nikitta

Jawabannya, karena mobil ini sudah dimodifikasi sesuai dengan standar untuk keamanan Bapak Presiden kita. Jangankan modifikasi, bahkan sesederhana mengganti ban pun harus dilakukan servis kaki-kaki. Kenapa? Karena penggantian spare part kaki-kaki pasti mengubah setting sudut ban, yang mana itu harus segera dikembalikan ke settingan yang sesuai dengan spooring,” tulis penjelasan akun Setiawan Spooring.

Seperti diketahui, Prabowo menggunakan Maung MV3 Garuda Limousine yang di produksi oleh PT Pindad. Mobil tersebut tampil dengan tampilan SUV berkelir putih dengan berbagai aksen krom. Memang cukup berbeda dibanding mobil presiden biasanya yang memakai sedan.

Secara dimensi, Garuda memiliki panjang sekitar 5,05 meter, lebar 2,06 meter, dan tinggi mencapai 1,87 meter. Bobotnya mencapai 2,95 ton, mengingat Garuda Limousine memiliki proteksi tinggi dan menawarkan kenyamanan buat presiden.

Buat dapur pacu, mobil ini dilengkapi dengan dengan mesin berkapasitas 2.157 cc bertenaga 199 Tk, dengan penggerak 4x4 yang dikawinkan dengan transmisi otomatis delapan percepatan. Kecepatan maksimumnya tembus 100 Kpj.

Spesifikasi mobil MV3 Garuda Limousine dipakai Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka saat pelantikan, Minggu (20/10/2024)Dok. PT Pindad Spesifikasi mobil MV3 Garuda Limousine dipakai Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka saat pelantikan, Minggu (20/10/2024)

Pindad mengutamakan proteksi dalam rancang bangun Garuda Limousine. Misal, material bodi menggunakan composite armor yang memiliki ketahanan terhadap peluru kaliber 7,62 x 51 mm NATO ball & kal. 5,56 x 45 mm M193, juga kaca anti peluru level B5/B6.

Selain itu, ban berukuran 21 inci menggunakan tipe Run Flat Tyre (RFT) yang bisa tetap melaju meski mengalami kebocoran di perjalanan.

Baca juga: Klasemen Pebalap Usai Sprint Race MotoGP Thailand 2024

Buat interiornya, menggunakan bahan aksen kayu yang premium. Bangku penumpang model captain seat dengan pengaturan elektrik yang dilengkapi leg rest. Garuda Limousine juga dilengkapi dengan head unit 12 inci, kamera 360 derajat, LED smart TV, lemari pendingin, dan portable WiFi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau