Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Sebut Bikin Mesin V4 Sama Seperti Bangun Motor Baru

Kompas.com - 12/10/2024, 15:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha mengungkapkan sedang mengembangkan mesin dengan konstruksi V4. Bukan hanya sekadar mesin baru, tapi ini sama saja dengan membangun motor yang benar-benar baru.

Direktur Teknis Yamaha Factory Team Massimo Bartolini, mengatakan, mesin tersebut masih dalam fase pengembangan. Untuk saat ini tidak ada yang nyata dan oleh karena itu tidak ada yang bisa dites.

Baca juga: Gantikan Crutchlow, Dovizioso Bantu Kembangkan Yamaha M1

"Anda harus memahami bahwa ini bukan hanya tentang menerapkan mesin baru. Keputusan untuk mengimplementasikan mesin V4 berarti membangun motor MotoGP yang benar-benar baru. Saya ulangi, sepenuhnya," ujar Bartolini, dikutip dari Speedweek.com, Sabtu (12/10/2024).

Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Inggris 2024Mateusz Jagielski Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Inggris 2024

"Tidak mungkin untuk melihat penggerak secara terpisah. Dalam praktiknya, tidak mungkin untuk memasukkan mesin yang baru dikembangkan ke dalam motor saat ini dan kemudian mengujinya," kata Bartolini.

Bartolini menambahkan, Yamaha sekarang harus mengimplementasikan mesin dengan konsep V4 dan membangun sepeda motor yang sesuai. Setelah semua ini siap, tahap pengujian akan dimulai.

Baca juga: Kejar Ketertinggalan, Yamaha Mulai Fokus Tes YZR-M1 di Eropa

Setelah itu, baru perbandingan dapat dilakukan antara dua motor balap yang sama sekali berbeda. Hanya ketika Yamaha bisa memastikan keunggulan motor V4, barulah masuk akal untuk berpikir tentang menggunakan mesin itu untuk balapan.

Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Inggris 2024Mateusz Jagielski Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Inggris 2024

“Regulasi memungkinkan kami untuk beralih dari konsep inline-4 ke V4 selama musim ini, tetapi penggunaan V4 baru harus dipersiapkan dengan sempurna. Tidak ada jalan untuk maju atau mundur,” ujarnya.

Belum lama ini, Alex Rins juga membeberkan bahwa kemungkinan mesin V4 baru siap untuk dites sekitar pertengahan musim depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau