Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gantikan Crutchlow, Dovizioso Bantu Kembangkan Yamaha M1

Kompas.com - 20/08/2024, 16:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Andrea Dovizioso kembali lagi ke MotoGP, tapi kali ini sebagai pebalap tes. Dovizioso akan membantu Yamaha Factory Racing dalam mengembangkan YZR-M1.

Pebalap asal Italia tersebut diperbantukan sementara untuk menggantikan Cal Crutchlow. Pasalnya, Crutchlow masih mengalami cedera pada tangannya karena komplikasi.

Baca juga: Andrea Dovizioso Buka Pintu untuk Kembali ke MotoGP

Dovizioso membantu pengembangan Yamaha M1 pada sesi tes privat di Sirkuit Misano, Italia, pada 20-21 Agustus 2024.

Sebelumnya, Dovizioso juga sudah mengikuti sesi tes bersama Yamaha beberapa pekan lalu di Sirkuit Mugello, Italia, untuk beradaptasi kembali dengan motor.

Andrea Dovizioso saat sesi tes privat Yamaha di Sirkuit Mugello, menggantikan Cal Crutchlow yang masih cederaDok. Yamaha Andrea Dovizioso saat sesi tes privat Yamaha di Sirkuit Mugello, menggantikan Cal Crutchlow yang masih cedera

Direktur Tim Monster Energy Yamaha MotoGP Massimo Meregalli, mengatakan, Andrea dan Yamaha telah memiliki hubungan yang erat selama bertahun-tahun.

Dovizioso adalah pebalap yang sangat terampil dan tepat, yang juga memiliki pemahaman yang jelas tentang sisi teknis MotoGP.

"Selain itu, selain pengalamannya di kejuaraan MotoGP, dia juga akrab dengan Proyek MotoGP Yamaha, jadi kami sangat menantikan untuk melanjutkan kerja sama dengan dia. Kami rasa dia akan membantu kami mengumpulkan data yang berharga dan memberikan masukan yang baik," ujar Meregalli, dalam keterangan resminya.

Baca juga: Andrea Dovizioso Resmi Jadi MotoGP Legend

Dovizioso mengatakan, dirinya turut prihatin atas apa yang terjadi pada Crutchlow. Dia pun berharap mantan rekan setimnya itu bisa kembali lagi ke atas motor.

Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2022. (Photo by BAY ISMOYO / AFP)BAY ISMOYO Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2022. (Photo by BAY ISMOYO / AFP)

"Karena itu, saya senang dan bersemangat untuk mendapatkan kesempatan mengendarai motor MotoGP lagi, dan saya ingin berterima kasih kepada Yamaha atas kesempatan ini. Saya harap saya bisa memberikan kontribusi saya untuk pengembangan motor," kata Dovizioso.

Sebelum memutuskan untuk pensiun, Dovizioso merupakan pebalap tim satelit Yamaha. Saat itu, masih dipegang oleh WithU Yamaha RNF MotoGP Team.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau