Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Brembo Umumkan Akuisisi Penuh Ohlins Racing

Kompas.com - 12/10/2024, 09:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Brembo belum lama ini mengumumkan pihaknya telah mengakuisisi sepenuhnya Ohlins Racing. Produsen rem asal Italia tersebut kini juga resmi merambah ke suspensi.

Brembo telah menandatangani perjanjian senilai 405 juta dolar AS atau sekitar Rp 6,3 triliun, untuk menyelesaikan akuisisi penuh Ohlins Racing.

Baca juga: Brembo Ciptakan Rem Lebih Awet 3 Kali Lipat dari Standar

"Perjanjian ini mewakili perpaduan dua merek ikonik, menghasilkan performa ikonik, gaya ikonik, dan sejarah panjang kesuksesan balap, mulai dari Formula 1, MotoGP, NASCAR, hingga balap sepeda gunung downhill," tulis pernyataan resmi Ohlins, dikutip dari Crash.net, Sabtu (12/10/2024).

Jorge Martin saat berlaga pada MotoGP San Marino 2024Dok. @89jorgemartin Jorge Martin saat berlaga pada MotoGP San Marino 2024

Ohlins dan Brembo merupakan pabrikan yang sangat penting di MotoGP. Ohlins memasok suspensi dan Brembo bertanggung jawab soal pengereman.

Semua pabrikan menggunakan rem Brembo, tapi tidak semua menggunakan Ohlins. Hanya Ducati, Aprilia, Honda, dan Yamaha, yang mengandalkan suspensi Ohlins. Sementara KTM, menggunakan suspensi WP, yang merupakan anak usaha dari KTM itu sendiri.

Baca juga: Motor MotoGP Makin Kencang, Brembo Pakai Cakram Ukuran Maksimal

Kaliper rem depan terbaru Brembo yang diperkenalkan di MotoGP StyriaYamahamotogp Kaliper rem depan terbaru Brembo yang diperkenalkan di MotoGP Styria

"Ohlins sangat cocok untuk Brembo. Ohlins adalah merek terkenal di dunia, dengan bisnis yang solid dan reputasi yang tak tertandingi, baik di lintasan balap maupun di jalan raya," kata Matteo Tiraboschi, ketua eksekutif Brembo.

“Kami menyambut Ohlins ke dalam grup kami sebagai kesempatan besar untuk memperluas penawaran kami untuk pasar otomotif. Dengan penambahan ini, kami mengambil langkah maju dalam strategi kami untuk memberikan solusi cerdas terintegrasi kepada pelanggan kami, memanfaatkan sinergi di seluruh teknologi utama di sudut kendaraan," ujar Tiraboschi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau