Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tantangan Zeekr dalam Mendesain Mobil Listrik

Kompas.com - 11/09/2024, 12:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SHANGHAI, KOMPAS.comDesain mobil merupakan salah satu faktor kursial. Sebab, eksterior adalah salah satu pertimbangan calon konsumen suka atau tidak suka terhadap mobil tersebut.

Saat ini dengan perkembangan mobil listrik yang makin pesat, desain mobil listrik juga perlu identitas sebagai pembeda dengan mobil bahan bakar minyak alias internal combustion engine (ICE).

Baca juga: Komunitas GR Enthusiast Rayakan Hari Jadi yang Pertama

Javier Garcia-Gallardo, Head of Zeekr Art Design, mengatakan, desain mobil listrik berbeda dengan mobil ICE secara pengemasan. Alasannya, karena ruang pada mobil listrik lebih besar daripada mobil ICE.

Zeekr 007Foto: Auto&Design Zeekr 007

“Tentu saja berbeda soal pengemasan.. Bahkan ruangan yang lebih besar atau ruangan yang sama dengan ukuran kendaraan yang jauh lebih kecil,” ujar Javier di Shanghai, China, Senin (9/9/2024).

“Untuk perancang perangkat keras sangat mirip, hanya beradaptasi dengan persyaratan teknis yang berbeda. Namun, menurut saya, dengan EV, kemungkinan, terutama untuk penggunaan ruang, jauh lebih besar,” ujarnya.

Javier mengatakan, ketersediaan ruang yang cukup besar ini memungkinkan desainer membuat perbedaan di beberapa bagian.

Baca juga: Toyota Sebut Flexy Fuel Bisa Jadi Solusi untuk Kurangi Emisi

Javier Garcia-Gallardo, Head of Zeekr Art Design Shanghai, China.Foto: Zeekr Javier Garcia-Gallardo, Head of Zeekr Art Design Shanghai, China.

“Dan ini membawa pemikiran baru bagi para perancang tentang bagaimana soal dapat memanfaatkan ruang yang tidak pernah dimiliki sebelumnya. Di mana buat konsumen memiliki ruang baru tempat mereka dapat memberikan nilai,” katanya.

Javier mengatakan, salah satu tantangan dalam mendesain mobil listrik saat ini ialah memanfaatkan ruang tersebut dengan baik.

“Menurut saya, manfaatkan ruang yang Anda miliki dengan cara yang bermanfaat. Karena sering kali saya melihat kendaraan yang memiliki ruang tersebut tetapi tidak dimanfaatkan,” katanya.

Baca juga: Nilai Plus Mobil Eropa Bekas, Punya Sistem Pendingin Canggih

Zeekr 009Foto: KOMPAS.com/Gilang Zeekr 009

“Jadi, menurut saya, membuat paket yang bagus terlebih dahulu dengan arsitektur yang bagus dan membuat paket yang bagus mungkin merupakan bagian yang paling menantang,” katanya.

Javier mengatakan, pihaknya optimistis pasar suka dengan desain Zeekr. Apalagi, arah desain mobil ini disesuaikan dengan selera pasar global.

“Menurut saya, hal itu membuat kami di Zeeker kompetitif dengan pasar lainnya karena saya yakin kami memiliki arsitektur yang sangat kompetitif,” kata Javier.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau