Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nilai Plus Mobil Eropa Bekas, Punya Sistem Pendingin Canggih

Kompas.com - 10/09/2024, 18:08 WIB
Muh. Ilham Nurul Karim,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat memilih mobil bekas, pertimbangan tidak hanya terbatas pada kondisi mesin atau tampilan luar, tetapi juga pada fitur kenyamanan yang ditawarkan. Salah satu fitur penting yang perlu diperhatikan adalah sistem pendingin udara (AC).

Keunggulan utama mobil Eropa bekas terletak pada sistem pendingin udara otomatis, yang telah menjadi standar di banyak model.

Menurut Gunawan, pemilik bengkel AC Premium 99, mobil Eropa bekas menawarkan kenyamanan kabin yang signifikan, terutama berkat teknologi AC canggih yang mereka gunakan.

Baca juga: Program Solar B40 Mulai Berjalan Januari 2025

“Salah satu kelebihan utama mobil Eropa, bahkan yang berusia lebih dari lima tahun, adalah sistem AC otomatis yang sangat canggih. Sistem ini bekerja tanpa perlu diatur manual oleh pengemudi. Blower akan secara otomatis menyesuaikan diri dengan suhu kabin untuk menjaga kenyamanan,” ungkap Gunawan kepada Kompas.com, Selasa (10/9/2024).

Fitur AC otomatis pada mobil Eropa menjaga suhu kabin tetap konsisten, sehingga perjalanan menjadi lebih nyaman meskipun berada di tengah cuaca tropis Indonesia yang cenderung panas.

Keunggulan ini menjadikan mobil Eropa bekas semakin diminati oleh konsumen yang mencari kenyamanan tanpa harus berinvestasi pada mobil baru.

Ac pada mobil BMW.Prioritas Jaya AC Ac pada mobil BMW.

Gunawan juga menyoroti bahwa sistem pendingin pada mobil Eropa dirancang dengan kualitas yang lebih tinggi, dengan banyak model tidak lagi menggunakan magnetic clutch seperti pada mobil Jepang.

“Kompresor pada mobil Eropa bekerja langsung tanpa suara 'cetak-cetek', sehingga lebih halus dan nyaman saat dioperasikan,” tambahnya.

Meskipun mobil Jepang terbaru mulai mengadopsi teknologi serupa, Gunawan menjelaskan bahwa mobil Eropa tetap unggul dalam konsistensi penerapan sistem AC otomatis, bahkan pada model bekas.

“Kenyamanan dari teknologi AC otomatis ini menjadi salah satu nilai jual utama mobil Eropa bekas. Hal ini menjadikannya sangat kompetitif di pasar mobil bekas saat ini,” jelasnya.

Baca juga: Paket Aksesori New Fortuner di Bengkel Resmi Toyota, Mulai Rp 2 Jutaan

Namun, Gunawan juga mengingatkan pentingnya perawatan yang tepat untuk memastikan sistem pendingin pada mobil Eropa bekas tetap bekerja dengan optimal.

“Sistem AC otomatis pada mobil Eropa cenderung lebih kompleks, jadi pemeriksaan berkala dan perawatan yang benar sangat diperlukan agar tetap berfungsi dengan baik,” tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau