Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Menunggu Verifikasi QR Code MyPertamina?

Kompas.com - 08/09/2024, 10:41 WIB
Selma Aulia,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Dalam upaya subsidi bahan bakar minyak (BBM) lebih tepat sasaran, Pertamina Patra Niaga membuka pendaftaran QR code MyPertamina.

QR code MyPertamina ini diwajibkan untuk kendaraan roda empat yang ingin membeli BBM subsidi seperti Pertalite dan Solar.

Namun, saat mendaftar untuk mendapat QR code MyPertamina banyak masyarakat mengeluh di salah satu unggahan X (Twitter) @MyPertaminaID jika mengalami kendala terkait verifikasi data yang lama.

Baca juga: Jangan Simpan Barang-Barang Ini di Mobil Saat Cuaca Panas

Cara menggunakan MyPertamina bisa dibilang sangat mudah, selain itu cara pembayaran bensin menggunakan MyPertamina juga praktis.KOMPAS.com/Nur Jamal Sha'id Cara menggunakan MyPertamina bisa dibilang sangat mudah, selain itu cara pembayaran bensin menggunakan MyPertamina juga praktis.

“Masih nunggu terus , belum berubah dari verified , follow up donk min,” tulis akun @akas_zarkasi.

“Min kok akun saya lama kali di verifikasinya?,” tulis akun @KareninaAurora.

“Min berapa lama proses verifikasi?,” tulis akun @dwi_joko_w.

Berdasarkan laman resmi MyPertamina, setelah pengisian NIK KTP dan kata sandi, ikuti petunjuk untuk mengisis data kendaraan atau usaha. Kemudian data akan diproses untuk verifikasi dalam waktu 14 hari.

Baca juga: Tips Mengelola Aplikasi agar Headunit Mobil Tidak Lemot


Untuk mempermudah konsumen dalam memperoleh QR Code untuk pembelian BBM Pertalite, Pertamina Patra Niaga memberikan beberapa tips penting.

Konsumen perlu menyiapkan sejumlah dokumen, seperti foto KTP, foto diri, foto STNK (tampak depan dan belakang), foto kendaraan dari tampak keseluruhan, foto kendaraan dari depan dengan nomor polisi, serta foto KIR bagi kendaraan pengguna KIR.

"Semua dokumen harus jelas terlihat dan terbaca saat difoto, termasuk kualitas dokumen yang harus diperhatikan agar tulisannya tidak rusak atau kabur," ucap Manajer Communication, Relations, and CSR PT Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus, Ahad Rahedi di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (3/9/2024).

Pertamina Patra Niaga menggunakan teknologi AI dalam proses verifikasi dokumen. Jika dokumen tidak terbaca dengan sempurna, maka pendaftaran akan terhambat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau