Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Rekayasa Lalu Lintas Saat Paus Fransiskus Berkunjung ke Istana dan Katedral

Kompas.com - 04/09/2024, 07:12 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemimpin Gereja Katolik Dunia Paus Fransiskus akan mengunjungi beberapa lokasi pada hari keduanya di Jakarta, Indonesia, Rabu (4/9/2024).

Rangkaian kunjungan Paus dilakukan mulai pukul 09.30 WIB ke Istana Merdeka, Jakarta. Dirinya akan berada di lokasi selama 1,5 jam yang disambut Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Setelah kedua Kepala Negara selesai berbincang, mereka akan menyampaikan pernyataan pers di Ruang Kredensial.

Baca juga: Paus Fransiskus Pakai Nopol SCV 1, Ini Daftar TNKB Khusus Lainnya

Paus Fransiskus (tengah) didampingi Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (kedua kiri) dan Romo Markus Solo Kewuta (kanan) turun dari pesawat setibanya dari Vatikan di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (3/9/2024).  Pemimpin Takhta Suci Vatikan tersebut dijadwalkan melakukan kunjungan pada 4-5 September 2024 ke sejumlah tempat di Jakarta, seperti Istana Negara, Gereja Katedral, Masjid Istiqlal, dan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL Paus Fransiskus (tengah) didampingi Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (kedua kiri) dan Romo Markus Solo Kewuta (kanan) turun dari pesawat setibanya dari Vatikan di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (3/9/2024). Pemimpin Takhta Suci Vatikan tersebut dijadwalkan melakukan kunjungan pada 4-5 September 2024 ke sejumlah tempat di Jakarta, seperti Istana Negara, Gereja Katedral, Masjid Istiqlal, dan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Paus kemudian dijadwalkan bertemu korps diplomatik yang berada di Indonesia dan beberapa tokoh sipil di ruang utama Istana Negara. Ia berangkat menuju Istana Negara dengan menaiki mobil golf melalui belakang Istana merdeka dan halaman rumput Istana.

Agenda Paus berlanjut dengan mengunjungi kantor perwakilan Takhta Suci di Jalan Medan Merdeka Timur. Ia akan bertemu anggota Serikat Jesus Indonesia di Nunsiatur Apostolik atau Kedutaan Besar Vatikan di Indonesia.

Paus juga akan bertemu menggelar pertemuan dengan para uskup, imam, diakon, pelaku hidup bakti, seminaris, dan katekis di Gereja Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga, Jakarta pukul 16.30 WIB.

Sehubungan dengan agenda tersebut, pemerintah Jakarta melakukan rekayasa lalu lintas. Tepatnya, sekitar Istana Negara, Masjid Istiqlal, Gereja Katedral, dan diakhiri dengan Misa Agung di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) di tanggal 5 September.

Baca juga: Paus Fransiskus Pakai Innova Zenix Saat Kunjungan di Indonesia

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dinas Perhubungan DKI Jakarta (@dishubdkijakarta)

"Mengingat acara itu akan dihadiri oleh banyak orang, maka akan ada rekayasa lalu lintas di beberapa ruas jalan Jakarta," kata Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo dalam keterangannya belum lama ini.

Berikut rekayasa lalu lintas selama kunjungan Paus Fransiskus di Jakarta hari ini, Rabu (4/9/2024);

a. Lalu lintas dari Selatan (Bundaran HI- Tanah Abang, Kebon Sirih, Budi Kemuliaan) menuju Timur (Stasiun Senen) dapat melalui Jalan Thamrin sisi Barat - Jalan Medan Merdeka Barat sisi Barat - Jalan Majapahit - Jalan Juanda - Jalan Pos - Jalan Gunung Sahari- dst.

b. Lalu lintas dari Timur (Menteng) menuju ke Barat (Tanah Abang) dapat menggunakan Jalan HOS Tjokroaminoto - Jalan Wahid Hasyim - Jalan Mas Mansyur - dst.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau