Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempurna di Aragon, Marc Marquez Siap Meraih Kemenangan Berikutnya

Kompas.com - 03/09/2024, 19:31 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez akhirnya mendapatkan kemenangannya bersama Ducati. Kemenangan yang diraih pada MotoGP Aragon 2024 di Sirkuit Aragon itu benar-benar sempurna.

Marc berhasil menjadi yang tercepat di semua sesi, termasuk sprint race dan balapan utama. Kemenangan ini sekaligus mencatatkan sejarah baru dan yang paling ditunggu bagi Marc setelah melewati 1.043 hari dan berbagai cedera yang dialami.

Pada akhirnya, kemenangan tersebut bisa diraih bersama Gresini Racing dan Federal Oil di seri ke-12 MotoGP 2024. Sejak bergabung bersama Gresini Racing pada awal musim 2024, Marc kembali tampil percaya diri berkompetisi di balapan MotoGP meski mengandalkan Ducati Desmosedici GP23.

Baca juga: Sadar Diri, Marquez Bukan Tandingan Bagnaia dan Martin Musim ini

Sebagai catatan, Marc telah meraih enam kali podium di Sprint Race, lima kali podium di Main Race, dan dua kali pole position sepanjang musim 2024. Masih tersisa beberapa seri lagi, Marc pun siap meraih kemenangan berikutnya.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Aragon 2024Dok. Gresini Racing Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Aragon 2024

“Balapan yang luar biasa, apalagi menang di depan para penggemar. Jalannya balapan memang sangat sulit apalagi bisa punya motor yang kencang, tanpa keberanian didukung fokus yang penuh di atas motor terutama di lap terakhir," ujar Marc, dalam keterangan resminya.

"Bagaimanapun juga saya bisa mengatur jarak, apalagi saya makin nyaman dan punya performa lebih bila diperlukan di tengah balapan,” kata Marc.

Rommy Averdy Saat, Market Development General Manager PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI), mengatakan, Marc tampil luar biasa dengan konsisten meraih posisi pertama sepanjang sesi free practice sampai dengan main race di MotoGP Aragon 2024.

Baca juga: Menolak Disalahkan, Alex Marquez Klarifikasi Tudingan Bagnaia

"Marc mampu tampil makin nyaman dengan menjaga ritme balapan sehingga bisa meraih podium kemenangan di sesi sprint race dan main race. Federal Oil memberikan apresiasi atas capaian prestasi yang untuk pertama kalinya didapatkan bersama Tim Gresini Racing yang didukung penuh oleh Federal Oil," ujar Rommy.

Insiden Francesco Bagnaia dan Alex Marquez di MotoGP Aragon 2024Dok. Gold and Goose / Crash.net Insiden Francesco Bagnaia dan Alex Marquez di MotoGP Aragon 2024

"Kemenangan ganda di MotoGP Aragon kali ini semoga bisa menjadi pemacu Marc Marquez dalam menghabiskan sisa musim 2024 ini untuk meraih titel Juara Dunia MotoGP 2024,” kata Rommy.

Sangat disayangkan Alex Marquez gagal meraih podium karena mengalami insiden. Dia bersenggolan dengan Francesco Bagnaia saat perebutan posisi tiga, dan beruntung keduanya tak mengalami cedera parah.

Tentu saja Alex kehilangan poin penting dan membuatnya berada di peringkat ke-10 klasemen sementara MotoGP 2024 dengan total 104 poin. Sedangkan Marc, naik ke peringkat ketiga pada klasemen sementara dengan 229 poin.

Pada bulan September ini masih ada tiga balapan yang berjarak sangat dekat, yakni MotoGP San Marino pada 8 September 2024 dan MotoGP Emilia Romagna pada 22 September, yang sama-sama digelar di Sirkuit Misano. Lalu, ada MotoGP Indonesia yang digelar di Sirkuit Mandalika, 27-29 September 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau