Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral, Kecelakaan Porsche Taycan Tabrak Honda HR-V

Kompas.com - 03/09/2024, 08:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, terjadi lagi kecelakaan pada mobil listrik. Video viral beredar di media sosial yang memperlihatkan kecelakaan antara Porsche Taycan dengan Honda HR-V.

Pada video yang diunggah oleh akun Instagram @indocarstuff (2/9/2024), mobil Taycan berwarna merah bertabrakan dengan HR-V berwarna hitam. Insiden tersebut disebutkan terjadi di perempatan Darmawangsa, Jakarta Selatan.

Baca juga: Porsche Rilis Taycan Edisi Terbatas

"Diduga, Porsche merah melaju dengan kecepatan tinggi dan menabrak bagian kanan depan Honda HR-V yang sedang melintas dari arah lain. Akibat tabrakan, Honda HR-V ringsek dan terhenti di posisi lawan arah. Sementara Porsche merah juga ringsek di sisi bagian kiri dan berhenti sekitar 50 meter dari lokasi tabrakan," tulis keterangan pada video tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Indocarstuff (@indocarstuff)

Menanggapi kejadian tersebut, Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan, sebaiknya masyarakat bijak dalam membeli kendaraan. Jangan hanya dari tenaganya yang besar, harganya yang mahal, fiturnya yang canggih.

"Tapi, dilihat dari kebutuhannya, karena jika kebutuhannya sudah sesuai, maka risiko-risiko bahaya bisa dihindari," ujar Sony, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Porsche Recall Taycan di Seluruh Dunia, Bagaimana Indonesia?

"Memang kendaraan dengan power yang besar kurang cocok digunakan di karakter lalu lintas perkotaan karena pasti padat, banyak simpangan dan banyak penyebrang jalan," kata Sony.

Kecelakaan mobil listrik Porsche Taycan menabrak Honda HR-VDok. @indocarstuff Kecelakaan mobil listrik Porsche Taycan menabrak Honda HR-V

Menurut Sony, salah satu cara menekan risiko kecelakaan adalah menaati aturan batas kecepatan dan keselarasan kecepatan kendaraan. Misalnya, di jalan tol, sekalipun kosong dan lurus, bukan berarti boleh digunakan untuk mengebut. Sebab, jelas terpampang rambu batas kecepatan.

"Sebagai orang yang paham kecepatan, paling ideal dan nyaman, mengebut itu di sirkuit. Selain ada aturan pengamanan, kosong, juga semua yang di dalam trek tujuannya sama," ujarnya.

Kecelakaan mobil listrik Porsche Taycan menabrak Honda HR-VDok. @indocarstuff Kecelakaan mobil listrik Porsche Taycan menabrak Honda HR-V

Untuk diketahui Porsche Taycan memiliki tenaga sebesar 322 Tk hingga 375 Tk. Torsi maksimalnya dapat mencapai 345 Nm hingga 357 Nm.

Kemampuan akselerasinya untuk 0-100 kpj dapat diraih hanya dalam 5,1 detik. Harganya saat ini dibanderol Rp 3,52 miliar (OTR Jakarta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau