Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Bilang Penyebaran Mobil Hybrid Semakin Luas di Indonesia

Kompas.com - 28/08/2024, 09:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy menyampaikan saat ini penyebaran mobil hybrid ataupun hybrid electric vehicle (HEV) sudah luas di Indonesia.

Kondisi tersebut tergambar dari penjualan kendaraan sejenis yang terus naik di tiap tahun. Berdasarkan data Gaikindo, sepanjang semester I-2024, penjualan HEV telah naik 49 persen secara tahunan menjadi sebanyak 25.807 unit.

"Jadi tidak hanya jumlah, tapi penyebaran model hybrid sekarang sudah sampai Aceh hingga Papua. Jadi hampir seluruh pulau, provinsi di Indonesia sudah bisa tersentuh oleh produk hybrid," kata Anton di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (27/8/2024).

Baca juga: Zeekr Merek Baru Asal China Meluncur di Indonesia November 2024

Oto Journey 2024 - Toyota Yaris Cross HybridKOMPAS.com Oto Journey 2024 - Toyota Yaris Cross Hybrid

Dibanding penyebaran mobil listrik murni (battery electric vehicle/BEV), Toyota boleh jadi berbangga diri lantaran saat ini penerimaan produk hybridnya lebih luas. Tetapi, pergeseran teknologi elektrifikasi diakui akan ada.

"Menurut saya semuanya ada segmennya. Jadi bukannya berarti kita katakan bahwa BEV tidak ada tren. BEV juga berkembang trennya dan kalau kita ditanya kita juga tertarik untuk memperkenalkan BEV selanjutnya selain BZ4X," katanya.

"Kami juga pelajari termasuk PHEV. Jadi trennya kita ikutin, cuma memang fakta saat ini melihat dari kondisi infrastruktur yang ada, memang hybrid duluan lah yang menyebar di seluruh Indonesia. Tetapi tren ke depan saya rasa tidak hanya hybrid yang berkembang," lanjut Anton.

Dengan penyebaran yang sudah merata di berbagai daerah di Indonesia, ia menyimpulkan bahwa kesadaran masyarakat akan penggunaan mobil rendah emisi sudah mulai terbentuk saat ini.

Baca juga: Kijang Innova Zenix Hybrid Kuasai Pasar HEV Jawa Tengah, Ini Rinciannya

Perjalanan test drive jajaran mobil hybrid dan PHEV Toyota, dari Banyuwangi-Bali, 9-11 Oktober 2019.CUTENK Perjalanan test drive jajaran mobil hybrid dan PHEV Toyota, dari Banyuwangi-Bali, 9-11 Oktober 2019.

“Tetapi kalau hybrid di Jawa itu sekitar 50 persen, sisanya di luar. Ini data yang cukup menarik yang jarang kita lihat. Mungkin di Jawa Tengah berbeda dari Jakarta, jadi populasi hybrid akan lebih kelihatan,” jelas dia.

Dalam kesempatan sama, dikatakan bahwa Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid dan Yaris Cross Hybrid kini masih menjadi tulang punggung penjualan HEV dari Toyota, yang diikuti Alphard Hybrid.

Setiap bulannya, penjualan elektrifikasi rata-rata mencapai 24.000 unit, yang 2.000 unit diantaranya merupakan Innova Zenix diikuti 500 unit Yaris Cross Hybrid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau