Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Bakal Pakai Mesin V4 buat MotoGP Musim Mendatang

Kompas.com - 13/09/2024, 10:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber Autosport

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengembangan mesin V4 buat Yamaha di MotoGP terpantau makin gencar prosesnya. Jadi satu-satunya pabrikan di MotoGP yang pakai mesin empat silinder segaris, Yamaha memang kesulitan buat masuk 10 besar akhir-akhir ini.

Dikutip dari Autosport, Yamaha memang belum mengumumkan resmi bahwa akan ada perubahan tipe mesin di musim pendatang. Namun, para pebalapnya seperti memberi bocoran ada kemungkinan penggunaan V4 yang gantikan mesin sekarang.

"Yamaha harus pertimbangkan semua konsep mesin," kata Fabio Quartararo, pebalap Monster Energy Yamaha, belum lama ini.

Baca juga: Rumor Yamaha Aerox Bakal Dapat Teknologi Nmax Turbo

Desain livery Monster Energy Yamaha MotoGP untuk musim 2024 bersama Fabio Quartararo dan Alex Rins.Dok. Yamaha Desain livery Monster Energy Yamaha MotoGP untuk musim 2024 bersama Fabio Quartararo dan Alex Rins.

Autosport mendapatkan bocoran saat tes di Misano, proyek mesin baru buat Yamaha di MotoGP bergerak dengan cepat. Saat 2022, Yamaha merekrut Luca Marmoni yang sebelumnya ada di Aprilia MotoGP, mengembangkan mesin V4.

Sejak awal 2024, berkat sistem konsesi yang baru, Quartararo dan Alex Rins sudah mengetes berbagai spesifikasi mesin. Cuma memang hasilnya tidak sebagus yang diharapkan.

Lalu, Yamaha juga menghadirkan Max Bartolini, mantan tangan kanannya Gigi Dall'Igna saat di Ducati mulai 2024. Jadi bisa dibilang Yamaha sedang dalam masa transformasi, dengan target bisa kembali kompetitif.

Baca juga: Arogansi Pengemudi Mobil Main Pukul Senggolan di Jalan, Jaga Emosi!


Belum lagi musim depan Yamaha kembali memiliki tim satelit yakni Pramac. Selain itu, Yamaha berencana merekrut Augusto Fernandez jadi test rider.

Serta belum lama ini Andrea Dovizioso juga menggantikan Cal Crutchlow buat tes tertutup yamaha di Misano. Jadi ada kecenderungan Yamaha sedang mengetes mesin V4.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau