Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Penyebab Oli Matik Overheat Saat Melewati Tanjakan

Kompas.com - 24/08/2024, 15:22 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Ketika melewati tanajakan, pengemudi mobil matik akan mendapatkan tantangan tambahan yang bisa mempengaruhi kinerja kendaraan.

Salah satu masalah umum yang bisa muncul adalah oli matik mengalami overheat. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari pengoperasian mobil yang salah hingga komponen yang aus.

Iwan, pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic mengatakan, tuas transmisi matik di posisi D bisa menyebab oli matik jadi overheat.

Baca juga: Benarkah Zat Aditif Bisa Menyembuhkan Transmisi Mobil Matik Rusak?

Toyota Hilux Rangga transmisi otomatisKompas.com/Nanda Toyota Hilux Rangga transmisi otomatis

“Kita harus bisa memilih gigi yang tepat saat menanjak, jangan menggunakan posisi D saat menanjak curam dan panjang. Pada posisi D, matik akan memindahkan gigi secara otomatis berdasarkan putaran mesin,” kata Iwan kepada Kompas.com, belum lama ini.

Iwan melanjutkan, mesin bisa kehilangan moment dan berpotensi tidak kuat nanjak. Bahkan oli bisa overheat, karena oli gagal melumasi dan hilang fungsi gesekannya, ini menyebabkan matik ngelos.

Selain itu, Iwan juga mengatakan, faktor oli yang kualitasnya buruk dan kurang bisa menyebabkan oli matik overheat saat melewati tanjakan.

“Kualitas oli yang buruk sangat mempengaruhi kinerja matik, sehingga perlu diganti atau kuras oli matik jika sudah waktunya. Sebab, oli kotor aan cepat panas, dan pilih oli sesuai rekomendasi pabrik,” kata Iwan.

Baca juga: 3 Jenis Transmisi pada Mobil Matik, Jangan Salah Pilih!


Iwan juga mengatakan, volume oli matik yang kurang karena terdapat kebocoran oli bisa membuat oli matik overheat. Kemudian, faktor adanya keausan pada komponen juga bisa mempengaruhi hal tersebut.

“Komponen matik yang sudah mengalami keausan juga mempengaruhi suhu oli matik, karena putaran mesin jadi lebih tinggi dan menjadikan matik selip,” kata Iwan.

Dengan mengetahui penyebab oli matik overheat saat melewati tanjakan, diharapkan pemiliknya bisa menghindari hal tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau