Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Tes Akselerasi Honda Step WGN di Sirkuit Tertutup

Kompas.com - 22/08/2024, 13:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Step WGN resmi buka selubung di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. Mobil MPV bergaya kotak itu sedang tes pasar untuk masuk Indonesia.

Pihak Honda mengatakan makin serius mempertimbangkan membawa Step WGN ke Indonesia. Apalagi setelah hasil survei yang dilakukan di GIIAS 2024 bagus.

Baca juga: Pemutihan Denda Pajak Kendaraan di DIY Segera Berakhir

Saat Step WGN masih dipertimbangkan meluncur, Kompas.com mendapat kesempatan menjajalnya di area tertutup di fasilitas milik Honda Prospect Motor (HPM) di Karawang, Jawa Barat.

Test drive Honda Step WGNFoto: Honda Test drive Honda Step WGN

Treknya terbilang sederhana dengan bentuk silinder dan punya dua buah tikungan parabolik. Meski demikian di trek ini Kompas.com bisa merasakan akselerasi maksimal karena punya trek lurus sekitar 800 meter.

Saat dites akselerasi Step WGN dari 0-100 Kpj yaitu 11,12 detik. Cukup cepat untuk mobil dengan panjang 4.830 mm, lebar 1.750 mm dan tinggi 1.845 mm.

Untuk diketahui, Step WGN punya dua mode berkendara yaitu eco untuk mengejar irit-iritan dan mode normal. 

Baca juga: Perbaiki Pengereman, Vinales Yakin Bisa Kembali ke Barisan Depan

Pada pengetesan ini Kompas.com memakai mode normal. Pengetesan dilakukan dalam kondisi mobil diam sampai 100 Kpj. Pada saat itu kondisi kabin diisi oleh tiga orang, dua media termasuk Kompas.com dan pemandu dari Honda.

Honda Step WGN di booth Honda di GIIAS 2024Foto: KOMPAS.com/Adityo Wisnu Prabowo Honda Step WGN di booth Honda di GIIAS 2024

Karena awalnya cuma “jajal” rasa berkendara maka redaksi tidak menghitung bobot orang di dalam kendaraan. Kemudian penghitungan waktu dilakukan manual pakai stopwatch sehingga pengukuran bisa lebih cepat atau lambat dari kondisi asli.

Untuk diketahui, Step WGN generasi keenam memiliki dua varian mesin yaitu petrol dan hybrid. Untuk versi hybrid yang Kompas.com coba dibekali mesin bensin 2.000 cc dan motor listrik.

Baca juga: Cara Merawat Mobil Hybrid agar Tetap Prima

Rincian di atas kertas Step WGN mampu menghasilkan tenaga 143 Tk pada rpm 6.200 serta torsi 175 Nm di rpm 3.500. Sementara motor listriknya dapat menghasilkan 181 Tk pada rpm 5.000 – 6.000 serta torsi 315 Nm di 0-2.000 rpm.

Berbeda dengan Accord Hybrid yang bisa disetel hanya menggunakan motor listrik pada mode EV maka Step WGN tidak. Pemakaian motor listrik dan mesin bensin langsung diatur sedemikian rupa oleh sistem di mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau