Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Supra 'Bapak' Menolak Tua, Sabet Juara FFA HMC Makassar 2024

Kompas.com - 22/08/2024, 12:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Makassar jadi kota pertama yang melahirkan juara baru dari kompetisi adu karya Honda Modif Contest (HMC) 2024.

Bicara soal karya para pemenang, cukup menarik baik dari segi konsep dan unit sepeda motor Honda yang digunakan. Bahkan juara pertama dari kelas free for all alias FFA, yang merupakan salah satu kategori bergengsi berhasil diamankan modifikasi motor bebek.

Motor yang digunakan adalah Honda Supra Fit lansiran 2006. Bila mengikut tren, unit tersebut kini beken dengan sebutan Supra 'Bapak'.

Baca juga: Daftar Pemenang Honda Modif Contest Makassar 2024

Honda Supra Fit FFA HMC Makassar 2024AHM Honda Supra Fit FFA HMC Makassar 2024

Risaldy Akbar, builder Hot House Garage yang membangun Supra Fit tersebut mengatakan, konsep awal dari modifikasi yang dilakukan mengikuti permintaan pemilik, yakni sebuah motor mini.

"Konsep dasarnya mini, tapi dari konsumen minta untuk modifikasinya bebas. Intinya konsumen kasih kami kebebasan seperti apa modelnya, cuma garisnya jadi motor mini saja," kata Risaldy, di Makassar beberapa hari lalu.

Dari segi rancang bangun, Risaldy menjelaskah hanya menyisahkan sektor mesin saja yang masih benar-benar bawaan pabrikan. Bahkan kondisinya diklaim masih standar.

Baca juga: Jangan Bingung, Ini Waktu Ideal Mengganti Busi Motor

Honda Supra Fit FFA HMC Makassar 2024 Honda Supra Fit FFA HMC Makassar 2024

Sedangkan untuk rangka dan lainnya, kebanyakan dikreasikan sendiri alias dibuat secara handmade agar dapat menyesuaikan tema dan mendapat detail yang apik.

Pengerjaan untuk rangka juga diklaim tidak terlalu sulit. Hal ini lantaran bengkelnya kerap membuat frame untuk motor chopper.

"Bangun motor ini benar-benar dari nol semua, kami mulai dari Januari tahun ini. Mungkin kalau bicara kesulitan lebih ke dana, karena yang punya di luar negeri jadi masalah transfer keuangan sedikit tersendat," ujarnya.

Baca juga: Masalah Kamera, Toyota Indonesia Recall bZ4X dan Lexus

Honda Supra Fit FFA HMC Makassar 2024KOMPAS.com/STANLY RAVEL Honda Supra Fit FFA HMC Makassar 2024

Untuk komponen, menurut Risaldy, paling sulit mencari ukuran pelek depan dengan dimensi besar agar tampilannya seperti chopper mini. Sementara untuk bagian lain, kebanyakan dibuat sendiri di bengkel.

Detail yang ditampilkan pada Honda Supra 'Bapak' Makassar ini memang cukup baik. Las-lasan yang terpasang pada frame terlihat rapih, termasuk detail lin dan variasi yang diberikan.

"Pelek ini sedikit sulit karena kami cari yang 40, jadi kita impor dari Taiwan, sebagai parts lain juga dan sisanya bisa kita bikin sendiri di bengkel. Secara keseluruhan akhirnya saya ambil inspirasi dari mobil hot road," ujarnya.

Baca juga: Tren Modifikasi Warna Motor 2024, Ambil Inspirasi dari Mobil

Honda Supra Fit FFA HMC Makassar 2024KOMPAS.com/STANLY RAVEL Honda Supra Fit FFA HMC Makassar 2024

Kalau ditotal, biaya pengerjaan dari awal menurut Risaldy sudah hampir menyentuh Rp 30 jutaan. Sementara untuk persiapan menuju final battle, akan ada beberapa tambahan yang arahnya lebih penyempurnaan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau