Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbaiki Pengereman, Vinales Yakin Bisa Kembali ke Barisan Depan

Kompas.com - 22/08/2024, 10:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Maverick Vinales berhasil meraih kemenangan sempurna pada MotoGP Amerika 2024. Tapi, setelah itu performanya justru cenderung menurun.

Performanya musim ini bisa dibilang inkonsisten. Terkadang ada di barisan depan, tengah, tapi terkadang juga finis di luar sepuluh besar.

Baca juga: Pindah ke KTM, Vinales Bakal Jadi Pebalap yang Taklukkan 4 Motor

Sejauh ini, Vinales baru mengumpulkan lima podium, empat saat sprint race dan satu pada balapan utama. Podium pada balapan utama diraihnya dengan kemenangan pada MotoGP Amerika 2024.

Maverick Vinales saat berlaga pada MotoGP Inggris 2024Dok. @maverick12official Maverick Vinales saat berlaga pada MotoGP Inggris 2024

Vinales mengatakan, Aprilia dan timnya memahami apa yang dibutuhkan. Pada dasarnya, Aprilia perlu meningkatkan pengereman RS-GP.

“Saya pikir apa yang kami pahami dan apa yang saya rasakan adalah bahwa kami tidak memuat ban depan dengan baik. Jadi, kami tidak mengeluarkan performa maksimal dari ban depan," ujar Vinales, dikutip dari Crash.net, Kamis (22/8/2024).

Baca juga: Vinales Sebut Performa Aprilia RS-GP Semakin Menurun

Menurut Vinales, entah bagaimana ban depan membuat dirinya membalap menjadi tidak nyaman. Apalagi, ketika cuaca semakin panas dan tekanan meningkat. Sehingga, masalah ini akan sangat penting untuk diatasi.

Maverick Vinales saat berlaga pada MotoGP Inggris 2024Dok. @maverick12official Maverick Vinales saat berlaga pada MotoGP Inggris 2024

Saat balapan pada MotoGP Austria 2024 di Sirkuit Red Bull Ring, Vinales mengaku membalap secara defensif. Dia mengaku kesulitan saat pengereman.

“Sulit untuk menghentikan motor. Sejujurnya, saya pikir ini adalah hasil yang bagus dan saya tetap mendapatkan poin penting. Ada beberapa area di mana motornya sangat kuat dan kami tahu ada beberapa hal yang perlu kami tingkatkan, seperti pengereman," kata Vinales.

Menurut Vinales, dia dan timnya perlu memahami bagaimana membebankan ban depan saat pengereman. Sebab, dia yakin bahwa itu adalah kunci untuk membawa RS-GP kembali ke barisan depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau