Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TVS Mengelak Bersaing dengan Merek Jepang di Indonesia

Kompas.com - 21/08/2024, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT TVS Motor Company Indonesia sudah hadir di Tanah Air sejak 2007. Punya pabrik di Karawang, pabrikan India tersebut memproduksi motor buat pasar ekspor dan domestik.

Soal produk, motor TVS punya pilihan yang beragam, dari skutik, bebek, sport, bahkan menyediakan motor roda tiga. Walau jadi merek India yang punya pabrik di Indonesia, target TVS bukan untuk mengalahkan pabrikan Jepang di Indonesia.

Alvin Tan, Country Head Sales & Marketing PT TVS Motor Company Indonesia, mengatakan, tujuan TVS jualan di Indonesia bukan buat melawan pabrikan Jepang, tapi jadi alternatif.

Baca juga: TVS Siapkan Motor Baru Lagi Tahun Ini, Indikasi Apache RTR 310

TVS Callisto 110KOMPAS.com/DIO DANANJAYA TVS Callisto 110

"Soalnya kita paham, mereka (pabrikan Jepang) sudah puluhan tahun di Indonesia. Diler sudah ada ribuan. Kita tidak ingin melawan, just follow the market," kata Alvin di Jakarta, Selasa (20/8/2024).

Kalau soal diler, TVS saat ini sudah punya 37 yang tersebar di seluruh Indonesia. Kalau dibandingkan di 2022, TVS baru punya 10 diler saat itu, perkembangannya cukup pesat buat pabrikan non Jepang.

Alvin melihat adanya kebosanan dari masyarakat terhadap motor yang itu-itu saja alias mainstream. TVS makanya menghadirkan produk unggulan yang dirasa bisa jadi alternatif dengan harga yang kompetitif.

Baca juga: Semakin Kompetitif, Marquez Tampil Memukau di MotoGP Austria 2024


"Saya lihat masyarakat, mereka bosan dengan produk yang mainstream. Kadang pun punya keinginan buat coba yang baru," kata Alvin.

Memang dulu motor India kerap dipandang sebelah mata, dibilang desainnya yang kuno. Cuma menurut Alvin, TVS beberapa tahun terakhir sudah berbenah, produknya semakin enak dilihat dan diterima pasar Indonesia.

Ryan Rahadian, Marketing Head PT TVS Motor Company Indonesia mengatakan, motor yang dipilih TVS buat dijual di Indonesia tidak sembarangan, tapi melihat tren orang Indonesia.

TVS Callisto 125KOMPAS.com/ADITYO TVS Callisto 125

"Kita sesuaikan dengan pasar Indonesia, trennya seperti apa. Misal Callisto, Ronin, dan lain-lain kita bawa, kembali ke produk yang kualitas terbaik," kata Ryan.

Punya modal motor yang berkualitas tadi, TVS percaya diri buat jadi alternatif motor yang bisa diandalkan. Sampai 2024, penjualan motor TVS ada di angka 400 unit sampai 1.000 per bulan, Callisto 110, Callisto 125, dan Ronin jadi model yang diminati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau