Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral, Ducati Panigale V4S Hancur Tabrak Honda BeAT

Kompas.com - 19/08/2024, 08:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, beredar video viral di media sosial memperlihatkan kecelakaan lalu lintas antara sesama pengendara sepeda motor. Pada video tersebut, disebutkan bahwa motor yang terlibat adalah Ducati Panigale V4S dan Honda BeAT.

Video tersebut diunggah oleh akun Instagram @lowslowmotif. Terlihat pada video, pengendara Honda BeAT sedang berbelok, lalu dari arah samping ditabrak oleh pengendara Ducati.

Baca juga: Jajal Panigale V4S, Enea Bastianini Bakal Kembali ke MotoGP Italia

"Viral di media sosial sebuah video yang memperlihatkan kecel*k*an antara motor Ducati dengan motor matik jenis Honda Beat di Lhokseumawe, Aceh, Minggu (11/8)," tulis keterangan pada unggahan tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Lowslowmotif (@lowslowmotif)

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, mengatakan, etika berlalu lintas dibutuhkan untuk menghindari risiko-risiko bahaya tabrakan, tidak ada yang menang atau kalah.

Tetapi jika mengacu pada etika, harusnya yang memotong jalan yang harus menunggu kosong. Judulnya saja mengambil lajur orang, apalagi jika berlawanan arah, pastinya harus dengan perhitungan yang matang. Tidak bisa asal menerobos," ujar Sony, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Ducati Panigale V4S Seharga Rp 1,2 M, Dibeli Kredit

Menurut Sony, Panigale V4S yang memiliki tenaga besar juga tidak bisa sembarangan. Sebaiknya, tetap memerhatikan jarak dan teknik pengereman, karena momentumnya pasti besar.

Ducati Panigale V4S pertama yang masuk Indonesia Ducati Panigale V4S pertama yang masuk Indonesia

"Ini ada risiko-risiko yang harus diantisipasi jika terdapat objek yang menyeberang atau mengerem mendadak," kata Sony.

"Boleh buka gas, tetapi harus gradual dan melihat kondisi lalu lintas di depan, kalau ramai sebaiknya biarkan gelinding dan dibantu pengereman. Jadi, kalau setelah kecelakaan terus salah-salahan, tidak ada gunanya, karena keduanya sudah hancur lebur," ujarnya.

Replika motor balap Ducati Desmosedici tunggangan Pecco Bagnaia yang dibangun di atas Panigale V4SPAULTAN.org Replika motor balap Ducati Desmosedici tunggangan Pecco Bagnaia yang dibangun di atas Panigale V4S

Untuk diketahui, Panigale V4S memiliki kapasitas mesin 1.103 cc yang memiliki tenaga sebesar 211 tk pada 13.000 rpm, dan torsi 124 Nm di putaran 10.000 rpm. Fitrunya pun sudah beragam, dan paling menariknya lagi, motor sport ini memiliki bobot yang cukup ringan, yakni hanya 195 kg.

Pada 2019, motor yang sering digunakan untuk latihan para pebalap MotoGP ini harganya tembus Rp 1,2 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau