Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SIM Mati 17 Agustus 2024, Harus Perpanjang Hari Ini

Kompas.com - 19/08/2024, 06:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilik Surat Izin Mengemudi (SIM) yang masa berlakunya habis bertepatan dengan Hari Kemerdekaan RI yang ke-79 pada Sabtu 17 Agustus 2024 harus memperpanjangnya hari ini, Senin (19/7/2024).

Informasi tersebut disampaikan langsung oleh Ditlantas Polda Metro Jaya melalui akun resmi X (Twitter) @TMCPoldaMetroJaya pada Minggu (18/8/2024).

"Pada tanggal 17 Agustus 2024 pelayanan di Satpas Daan Mogot, unit Satpas DKI Jakarta, unit gerai SIM, dan unit Simling DKI Jakarta, diliburkan," tulis keterangan itu.

Baca juga: Ingat, Besaran Denda Bayar Pajak Motor Berbeda di Setiap Daerah

"Pelayanan penerbitan SIM dibuka kembali pada hari Senin tanggal 19 Agustus 2024," lanjutnya.

Artinya, bagi pemegang SIM yang masa berlakunya habis pada tanggal 17 Agustus 2024 dapat melaksanakan perpanjangan SIM pada Senin, 19 Agustus 2024 dengan mekanisme perpanjangan.

Lewat dari itu, maka pemegang SIM harus melalui mekanisme membuat baru yang mencakup uji tulis, uji praktik, dan lain sebagainya.

Perlu diketahui pula, kini mengurus SIM baik itu perpanjangan dan permohonan penerbitan baru di Jakarta, harus dilengkapi dengan syarat keikutsertaan BPJS Kesehatan.

Jakarta merupakan salah satu dari tujuh provinsi yang menggelar kepengurusan SIM memakai BPJS Kesehatan mulai 1 Juli 2024 hingga 30 September.

Baca juga: Layanan Bus Trans Jatim Luxury Resmi Beroperasi

Ilustrasi BPJS Kesehatan. Cara cek status kepesertaan BPJS Kesehatan via WhatsApp.KOMPAS.com/Mela Arnani Ilustrasi BPJS Kesehatan. Cara cek status kepesertaan BPJS Kesehatan via WhatsApp.

Selain Jakarta, provinsi lainnya adalah Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, Bali, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Adapun biaya perpanjangan SIM diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016. Untuk SIM A, dikenakan biaya perpanjangan sebesar Rp 80.000, dan Rp 75.000 untuk perpanjangan SIM C.

Tapi ada juga biaya tambahan lainnya, yakni untuk cek kesehatan sebesar Rp 25.000 dan asuransi Rp 30.000. Maka secara total biaya perpanjangan SIM A ialah Rp 135.000 dan SIM C Rp 130.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau