Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulik Fitur Unggulan Mobil Listrik Neta V-II

Kompas.com - 16/08/2024, 11:42 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Neta resmi meluncurkan Neta V-II untuk pasar Indonesia. Mobil listrik ini merupakan facelift dari Neta V yang sudah meluncur sebelumnya.

Perbedaan keduanya ialah Neta V-II sudah dirakit di Indonesia di pabrik Handal Indonesia Motor (HIM) di Bekasi, Jawa Barat, berbeda dengan Neta V yang masih impor dari China.

Baca juga: Waspada Modus Pencurian Motor Berkedok Debt Collector

Karena dirakit lokal maka harganya jual Neta V-II bisa ditekan. Namun menariknya meski harganya turun pabrikan asal china itu justru memberikan fitur yang lebih baik dari sebelumnya.

Neta V-IIFoto: KOMPAS.com/Adityo Wisnu Prabowo Neta V-II

Ada beberapa fitur yang menarik pada neta V-II. Pertama ialah suara mesin. Mobil ini mengusung artificial sound sebagai perlindungan pejalan kaki.

Suara mesin ini ada dua yaitu berupa suara mesin (engine) dan suara ala bunyi lagu.

Pengemudi mesti memilih salah satu suara tersebut dan tidak bisa dimatikan atau off. Tujuannya sekali lagi sebagai suara pemberitahuan kepada pemakai jalan lain.

Baca juga: Ban untuk Mobil Listrik Ini Diuji Performanya 30 Hari Non-Stop

Cara untuk memilih suara mesin ini cukup mudah, yaitu melalui layar tengah dashboard dan masuk ke vehicle setting, pilih pedestrian alert dan ada dua pilihan yaitu tech dan engine.

Neta V-IIKompas.com/Gilang Neta V-II

Pusat entertainment yang terletak di tengah dashoard tidak berubah tapi tampilan muka atau human interface guidelines lebih menaik dan mudah.

Hal ini dilakukan sebab pada Neta V-II sudah tersedia fitur Advanced Driving Assitant System (ADAS).

Sedikit kelemahannya ialah tidak tersedia fitur ada android auto cuma apple car play dan mesti pakai kabel. Adapun jika pakai ponsel android pakai bluetooth.

Mobil listrik Neta V-II dibekali fitur pintar sembilan Advanced Driving Assitant System (ADAS). Secara jumlah lebih banyak dibandingkan dengan Neta V, yang punya enam fitur saja.

Neta V-IIFoto: KOMPAS.com/Adityo Wisnu Prabowo Neta V-II

Baca juga: Bus Tingkat Transjakarta Antar Kontingen Olimpiade Keliling Jakarta

Sembilan fitur ADAS yang dimiliki Neta V-II, yaitu Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB), Front Vehicle Start Alert (FSA), Full- Speed Adaptive Cruise Control (ACC), Traffic Jam Assist (TJA), Integrated Cruise Assist (ICA), Lane Departure Warning (LDW), Emergency Lane Keeping System (ELKS), dan High Beam Assist (HBA).

Catatan Kompas.com, untuk Emergency Lane Keeping System (ELKS) punya dua pilihan, pertama hanya berupa peringatan dan peringatan serta koreksi.

Fitur lain yang tak kalah canggih ialah Adaptive Cruise Control (ACC). Menariknya bisa sampai berhenti. Cara aktifkannya cukup gerakkan tuas di bagian kanan setir dua kali ke bawah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau