Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Tingkat Transjakarta Antar Kontingen Olimpiade Keliling Jakarta

Kompas.com - 15/08/2024, 17:12 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) ikut ambil bagian dalam mengantar para atlet menuju Istana Kepresidenan Republik Indonesia (RI), usai berlaga di perhelatan Olimpiade Paris 2024.

Hari ini para kontingen diarak menuju istana dan dijamu langsung Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo. Sebelumnya, para atlet diarak untuk menyapa masyarakat yang telah mendukung.

Kepala Departemen Humas dan CSR PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), Ayu Wardhani mengatakan, pihaknya telah menyiapkan satu bus untuk memeriahkan perayaan ini.

Baca juga: Mazda EZ-6 Jadi Produk Global, Masuk Indonesia?

bus tingkat TransjakartaKompas.com/janlika bus tingkat Transjakarta

“Kami sangat bangga bisa kembali menjadi bagian perayaan momen bersejarah seperti ini. Sebelumnya ada Tim Nasional (Timnas) pada 2023. Sekarang para kontingen Olimpiade Paris 2024,” ungkap Ayu, dalam keterangan tertulis (15/8/2024).

“Masyarakat bisa melihat lebih dekat para atlet yang telah mengharumkan nama bangsa Indonesia,” kata dia.

Transjakarta menghadirkan bus double decker yang telah didesain khusus untuk acara ini. Dengan desain yang menonjolkan wajah-wajah para atlet, bus berdimensi panjang 13,5 meter, tinggi 4,1 meter, dan lebar 2,5 meter siap memeriahkan suasana.

Baca juga: Harga Baterai Mobil Listrik Bakal Makin Murah

Tipe bus tingkat ini dilengkapi dengan atap terbuka (open roof) yang memungkinkan para atlet menyapa penggemar dengan lebih leluasa.

Terdapat fitur canggih seperti pintu model lipat yang dapat dibuka dan ditutup secara elektrik, serta tombol kontrol di dekat area driver, menjadikan bus ini tidak hanya menarik secara visual tetapi juga praktis untuk digunakan dalam arak-arakan.

Rute arak-arakan kontingen dimulai dari kantor Kemenpora, melewati simpang susun Semanggi, kemudian menuju Bundaran HI, dan berakhir di Istana Negara Kepresidenan.

Baca juga: Seal Jadi Produk Terlaris BYD di Indonesia, Ini Alasannya

Kontingen Indonesia Olimpiade Paris 2024 beserta Menpora, Ketua Olimpiade Indonesia, dan ketua federasi cabor Olimpiade, hadir di Audiotorium Kemenpora, pada Rabu (10/7/2024).KOMPAS.com/Leonardo Juan Kontingen Indonesia Olimpiade Paris 2024 beserta Menpora, Ketua Olimpiade Indonesia, dan ketua federasi cabor Olimpiade, hadir di Audiotorium Kemenpora, pada Rabu (10/7/2024).

Dengan bus double decker ini, setiap sudut kota dapat dinikmati oleh masyarakat yang ingin memberikan dukungan kepada atlet yang telah berprestasi.

Untuk diketahui, bus double decker yang digunakan kali ini bukanlah yang pertama kali tampil di acara besar. Bus serupa pernah digunakan oleh Persija Jakarta untuk parade kemenangan Liga 1 pada 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau