Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Apresiasi Konversi Motor Listrik Elders Garage

Kompas.com - 10/08/2024, 16:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Elders Garage memiliki program untuk mengonversi motor konvensional ke motor listrik. Program bertajuk Elders Elettrico tersebut diapresiasi langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Program ini dilakukan dalam rangka mendukung progran pemerintah dalam konversi motor listrik. Sejak September 2023, Elders Garage berkomitmen dan konsisten mengampanyekan program ini.

Elders Garage tidak hanya mengedukasi masyarakat mengenai teknologi ramah lingkungan berkelanjutan. Tapi, juga dalam hal pengembangan unit paket konversi yang berkualitas.

Baca juga: Elders Garage dan 4 Produk UMKM Vespa Lokal Mejeng di Italia

Paket konversi buatan Elders Garage akan sudah dibuktikan langsung melalui perjalanan sejauh 11.000 km bertajuk "Ride to Better Future Goes to Italy". Perjalanan solo riding ini melewati delapan negara dan berakhir di Italia, menggunakan skuter klasik konversi yang dikendarai oleh Yohanes Mustamu.

Jokowi mengapresiasi konversi motor listrik Elders GarageDok. Elders Garage Jokowi mengapresiasi konversi motor listrik Elders Garage

Beberapa riset untuk membuat perangkat konversi yang berkualitas terus dilakukan Elders Garage hingga langkah pengujian terukur. Elders Elettrico juga telah mengekspor konversi kit elektrik ke Eropa untuk memenuhi permintaan konsumen pemilik skuter klasik.

Program Ride to Better Future Goes to Italy akan menggunakan Vespa Super 1974 milik Yohanes yang sudah dikonversi oleh Elders Garage menggunakan tipe Speedster V2 dengan baterai 72V 99AH model tank waterproof IPx4.

Sementara motornya, menggunakan 3Kw disc brake dengan kecepatan maksimum 85 kpj,nserta daya tempuh hingga 240 Km. Waktu pengisian baterainya memakan waktu 3,5 jam.

Baca juga: Elders Garage Klaim Penyaluran Motor Listrik Konversi Sudah 500 Unit

Perjalanan ini akan dimulai akhir Agustus dari Indonesia ke Turki, menuju Bulgaria, lalu Serbia, lanjut Kroasia, Slovenia, Austria, dan finis di Italia.

Jokowi mengapresiasi konversi motor listrik Elders GarageDok. Elders Garage Jokowi mengapresiasi konversi motor listrik Elders Garage

Membawa misi semangat Kemerdekaan RI ke-79, touring lintas negara ini mendapat dukungan langsung dari Jokowi pada acara Festival Lingkungan, Iklim, Kehutanan dan energi Baru Terbarukan ( LIKE 2) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, di JCC Senayan, Jumat (9/8/2024).

Menurut Heret Frasthio, CEO Elders Elettrico, pada kesempatan itu Jokowi turut memberikan perhatian mengenai perkembangan dunia konversi termasuk soal perakitan baterai.

”Kepada presiden, saya mengatakan bahwa sementara ini masih import karena harganya lebih murah. Saya juga menerangkan kalau melalui program Ride to Better Future Goes to Italy selain menguji produk konversi dari Elders juga, juga karena permintaan pasar di Eropa cukup besar," ujar Heret, dalam keterangan resminya.

(Tengah) CEO Elders Garage Heret Frasthio dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (5/6/2023).KOMPAS.com/Isna Rifka Sri Rahayu (Tengah) CEO Elders Garage Heret Frasthio dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (5/6/2023).

"Kemudian, saya mengutarakan kepada presiden kalau program elektrifikasi kendaraan khususnya konversi motor listrik gratis dari pemerintah harus dilanjutkan ke depannya,” kata Heret.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi juga membubuhkan tandatangan di skuter milik Yohanes sebagai bentuk dukungannya terhadap perjalanan menuju Roma, Italia.

Sebelumnya, Menteri Lingkungan Hidup Kehutanan Siti Nurbaya Bakar juga mengapresiasi program Ride to Better Future Goes to Italy yang menggambarkan semangat keberanian menghadapi tantangan.

"Perkembangan kendaraan listrik membutuhkan inisiatif dan peran dari berbagai elemen masyarakat sehingga melalui program touring motor listrik ke Italia ini akan memberikan dampak luas bagi industrinya,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau