Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Beli Mobil Bekas yang Sering Telat Ganti Oli Mesin

Kompas.com - 10/08/2024, 15:22 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Mobil bekas banyak diburu masyarakat sebagai alternatif ketika hendak memiliki mobil dengan dana terbatas.

Konsumen perlu memperhatikan kondisi unit yang akan dibeli dengan melakukan inspeksi, termasuk menggali informasi kebiasaan pemilik sebelumnya dalam melakukan perawatan.

Salah satunya, konsumen harus menghindari mobil dengan kebiasaan buruk sering telat ganti oli mesin.

Baca juga: Perlukah Mengganti Oli Mesin Motor Lebih Cepat?


Hasan Ariyanto, Pemilik Mandiri Auto Klaten mengatakan interval penggantian oli mesin yang terlalu lama dapat menyebabkan rusaknya beberapa komponen di dalam mesin.

“Oli mesin ada masa pakainya, sehingga bila sudah sampai pada titik tertentu kemampuannya menurun dalam melindungi komponen mesin, ini akan membuat performa terganggu,” ucap Hasan kepada Kompas.com, belum lama ini.

Hasan mengatakan temuan di lapangan dampak yang paling sering terjadi akibat sering telat ganti oli adalah suara mesin menjadi kasar saat bekerja.

Baca juga: Mobil Hybrid Tidak Bisa Sembarangan Pakai Oli Mesin

Saat beli mobil bekas, lakukan test drive untuk merasakan langsung kondisi mobil. Autocorp Saat beli mobil bekas, lakukan test drive untuk merasakan langsung kondisi mobil.

“Ada suara kasar tidak wajar dari dalam mesin, saat diperiksa olinya sudah menyusut dan menjadi lumpur, jadi wajar saja dapat merusak komponen seperti metal dan beberapa komponen berputar lainnya,” ucap Hasan.

Sehingga, menurut Hasan penggantian oli sebaiknya dilakukan sebelum kemampuannya menurun. Hal itu akan membuat mesin selalu dalam perlindungan yang prima.

Jadi, konsumen bisa menanyakan kepada pemilik sebelumnya berapa interval penggantian oli mesin, bisa melihat riwayat servisnya atau memeriksa kondisinya secara langsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau