Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bastianini Bingung, Ducati Korbankan Dia dan Martin buat Marquez

Kompas.com - 05/08/2024, 10:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber Crash.net

SILVERSTONE, KOMPAS.com - Enea Bastianini berhasil raih podium tertinggi di MotoGP Inggris 2024. Pebalap Ducati Lenovo itu menang setelah menyalip Jorge Martin di akhir-akhir balapan.

Kemenangan Bastianini merupakan pembuktian kepada Ducati bahwa dirinya masih kencang. Tahun lalu performanya turun karena pebalap asal Italia itu berkutat pada penyembuhan usai kecelakaan.

Baca juga: Klasemen MotoGP 2024, Martin Kembali ke Puncak

Seperti diketahui musim depan Bastianini pindah ke tim satelit KTM Tech3. Posisinya digantikan mantan “anak emas Honda” Marc Marquez yang dipromosikan dari Gresini Racing.

Enea Bastianini di MotoGP Italia 2024TWITTER/DUCATICORSE Enea Bastianini di MotoGP Italia 2024

Sebetulnya bukan cuma Bastianini yang tergeser oleh Marquez. Musim depan, Martin, pebalap Pramac Racing juga hengkang dari Ducati dan akan membela tim pabrikan Aprilia.

Alasannya, meski tidak pernah keluar langsung dari Martin, ialah karena dia kecewa ultimatumnya pada Ducati tidak digubris. Alih-alih mempromosikannya ke tim pabrikan, Ducati justru memilih Marquez jadi tandem Pecco Bagnaia.

Bastianini kemudian mengakui bahwa dirinya tidak mengerti mengapa Ducati mau kehilangan dua pebalap bertalenta besar hanya untuk Marquez.

Baca juga: Harga Oli Transmisi Mobil Matik Agustus 2024

Sejauh ini musim 2024, penampilan Bastianini dan Martin jauh di atas Marquez. Walaupun harus diakui Baby Alien memakai motor musim 2023 sedangkan Bastianini dan Martin spek pabrikan 2024.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Inggris 2024Dok. Gresini Racing Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Inggris 2024

"Kita lihat saja nanti. Saya tidak mengerti pilihan Ducati karena mereka telah kehilangan dua pebalap seperti saya dan Jorge. Tetapi saya menghormati keputusan ini,” ujar Bastianini dilansir dari Crash, Senin (5/8/2024).

Baca juga: Kecelakaan Bus di Puncak, Tanggung Jawab Pengemudi Dipertanyakan

Bastianini belum bisa bicara banyak mengenai calon timnya musim depan. Apalagi dia harus adaptasi lagi menggunakan motor baru KTM RC16.

“Mengenai KTM, saya pikir itu akan menjadi motor yang bagus untuk saya, tetapi saya belum mencoba motor ini dan jika Anda tidak mencoba, Anda tidak dapat menjelaskan apa kelebihannya dibandingkan dengan Ducati,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau