Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FIF Raih Laba Rp 2,2 Triliun Semester 1 2024, Mayoritas Motor Honda

Kompas.com - 04/08/2024, 17:22 WIB
Gilang Satria,
Stanly Ravel

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga pembiayaan PT Federal International Finance (FIF) mencatat laba bersih sebesar Rp 2,2 triliun pada semester pertama 2024, atau meningkat 11,7 persen dari tahun lalu.

Peningkatan laba didukung kenaikan nilai penyaluran pembiayaan sebesar 3,2 persen year on year (yoy) menjadi Rp 22 triliun per Juni 2024.

Namun untuk jumlah unit yang dibiayai mengalami penurunan sebesar 0,7 persen menjadi 1,6 juta unit.

Baca juga: Harga Oli Transmisi Mobil Matik Agustus 2024

Pertumbuhan laba bersih perseroan diperoleh dari operasional seluruh layanan pembiayaan, mulai salah satu anak perusahaan di bawah bendera Grup Astra, yakni FIFAstra untuk pembiayaan sepeda motor Honda, kemudian Spektra, Danastra, Finatra, dan Amitra.

Wahana Honda berikan diskon sepanjang September 2021.Foto: Wahana Honda Wahana Honda berikan diskon sepanjang September 2021.

Direktur PT Federal International Finance Daniel Hartono, mengatakan FIF terus berupaya mengoptimalkan seluruh layanan pembiayaan yang ada dalam mendukung pertumbuhan kinerja perusahaan.

“Sebagai salah satu perusahaan pembiayaan ritel, tentu kami terus mengoptimalkan kinerja dari 5 layanan pembiayaan kami yang diperkuat dengan value chain serta digitalisasi untuk memberikan pelayanan terbaik,” kata Daniel dalam keterangan resmi, Minggu (5/8/2024).

Secara Net-Services Asset (NSA), terjadi pertumbuhan sebesar 12,5 persen yoy menjadi Rp 43 triliun pada semester I 2024.

Baca juga: Banderol LSUV Bekas Agustus 2024, Rush-Terios mulai Rp 80 Jutaan

Pertumbuhan ini juga didukung dengan tingkat Non-Performing Financing Ratio (NPF) Netto atau Rasio Piutang Pembiayaan Bermasalah Bersih di angka rasio 0,03 persen per Juni 2024.

Daniel menyebut hal ini menjadi indikator bahwa FIF sebagai perusahaan pembiayaan masuk ke dalam kategori sangat sehat.

Ilustrasi Honda PCX di diler Wahana HondaDok. Wahana Honda Ilustrasi Honda PCX di diler Wahana Honda

Menurutnya, di tengah perekonomian nasional yang penuh dengan tantangan, FIF terus berupaya melakukan inovasi agar dapat terus hadir menjadi solusi finansial pilihan masyarakat Indonesia.

Sampai tengah tahun, melalui FIFAstra, FIF telah menyalurkan nilai pembiayaan terhadap motor Honda sebesar Rp 14,4 triliun pada semester I 2024 dengan kenaikan sebesar 5 persen yoy.

Baca juga: Harga MPV Pintu Geser Bekas Agustus 2024, APV mulai Rp 50 Jutaan

Jumlah unit kredit motor Honda yang dibiayai FIFAstra naik sebesar 3,3 persen atau sebanyak lebih dari 843.000 unit motor sampai Juni 2024.

Adapun yang lainnya, yaitu Danastra penyaluran pembiayaan sebesar Rp 6,6 triliun. Kemudian Amitra mencapai Rp 232 miliar, Spektra sebesar Rp 203 miliar, dan Finatra Rp 507 miliar pada semester-I 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau