Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil MotoGP Inggris 2024, Bastianini Curi Kemenangan Martin

Kompas.com - 04/08/2024, 19:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rider Ducati Lenovo Enea Bastianini berhasil menjadi pebalap tercepat pada MotoGP Inggris 2024, yang berlangsung di Sirkuit Silverstone, Inggris, Minggu (4/8/2024).

Bastianini berhasil mengungguli pesaing terkuat yang juga menunggangi motor Ducati, yaitu Jorge Martin dan rekan setimnya Francesco Bagnaia, pada balapan yang berlangsung dalam 20 lap.

Baca juga: Hasil Klasemen Usai Sprint Race GP Inggris 2024, Martin Tempel Bagnaia

 

Jalannya balapan

Persaingan perebutan podium pada MotoGP Inggris 2024 yang sekaligus jadi perayaan perhelatan 75 tahun berlangsung sangat sengit sejak laga dimulai. Bastianini sendiri memulai balapan dari posisi ketiga.

Francesco Bagnaia memulai balapan dari posisi kedua langsung tancap gas mendahului Aleix Espargaro sebagai pole positions. Melihatnya, Enea Bastianini dan Jorge Marin yang tepat berada di belakang langsung mengikuti.

Dalam kesempatan sama, persaingan partai tengah juga cukup ketat di mana ada perebutan sengit antara Alex Marquez, Marc Marquez, dan Acosta.

Dengan persaingan yang memanas itu, Raul Fernandes dan Miguel Oliveria terpaksa harus keluar arena balap ketika hendak merebut posisi pebalap dari Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo.

Baca juga: Dampak Bila Performa Mesin ICE Serena e-Power Menurun

Selesai satu putaran, persaingan di partai atas semakin panas antara Bagnaia dan Martin. Mereka saling mendahului dengan jarak atau gap yang sangat tipis yaitu sekitar 0,4 detik.

Berada di bawahnya, ada Bastianini dan Espargaro yang memantau peluang supaya bisa masuk mengungguli kedua pemimpin klasemen sementara MotoGP 2024 itu.

Pebalap Pramac Racing, Jorge Martin, kala beraksi dalam rangkaian MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring, 5-7 Juli 2024. Artikel ini berisi hasil FP1 MotoGP Inggris 2024.AFP/RADEK MICA Pebalap Pramac Racing, Jorge Martin, kala beraksi dalam rangkaian MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring, 5-7 Juli 2024. Artikel ini berisi hasil FP1 MotoGP Inggris 2024.

Memasuki putaran ketiga, Bagnaia semakin unggul di depan meskipun jaraknya tidak begitu jauh. Martin terlihat cukup stabil untuk menjaga kondisi bannya dan siap menusuk pada pertengahan laga.

Adapun Marc berada di urutan kelima tepat dibawah Bastianini. Ia lantas diikuti saudaranya, Alex dan sang rookie Acosta.

Lima putaran berlangsung, posisi para pebalap belum berubah. Persaingan tiga pebalap tercepat yaitu Bagnaia, Martin, dan Bastianini yang menggunakan ban soft masih berlangsung ketat.

Baca juga: Intip Livery Retro para Pebalap MotoGP di GP Inggris 2024

Sementara Bastianini ada di peringkat keempat mulai mengawasi desakkan dari Marc dan Alex Marquez yang berada tepat di belakangnya. Sementara Fabio Di Giannantonio dan Acosta mulai memperkecil jarak masuk ke partai tengah.

Bahkan pada putaran ke 7, Digga sempat mengancam posisi Alex Marquez. Dua pebalap tersebut sempat bersenggolan lengan ketika berbelok di tikungan ke-3 sirkuit Silverstone.

Sayang hingga saat itu, Maverick Vinales yang sempat diidolakan untuk dapat membuat gebrakan pada MotoGP Inggris 2024 masih kesulitan untuk masuk ke sepuluh besar. Ia tercecer pada posisi 11, tepat di belakang Jack Miller.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau