Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pebalap Gresini Racing Kompetitif di MotoGP Inggris 2024

Kompas.com - 04/08/2024, 21:16 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kedua pebalap Gresini Racing semakin nyaman menggunakan Ducati Desmosedici GP23 pada MotoGP Inggris 2024 di Sirkuit Silverstone. Alex Marquez dan Marc Marquez bisa start dari sepuluh besar.

Alex mencatatkan waktu 1 menit 57,817 detik pada sesi kualifikasi Q2 dan start dari posisi kelima. Sedangkan Marc, start dari posisi ketujuh setelah mencatatkan waktu tercepat 1 menit 58,098 detik.

Baca juga: Alex Marquez Resmi Bertahan di Gresini Racing, Menanti Rekan Baru

Sangat disayangkan, aksi Marc saat Sprint Race yang memungkinkan mengamankan posisi keempat harus pupus. Dia terempas dari Desmosedici GP23, padahal tersisa dua lap lagi menjelang finis.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Inggris 2024Dok. Gresini Racing Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Inggris 2024

“Terlepas dari insiden terjatuh, sejauh ini balapan sangat positif. Karena kami kembali menemukan feeling yang baik terhadap performa motor dan bisa beradaptasi dengan gaya berkendara saya,” ujar Marc, dalam keterangan resminya.

“Kami bisa berada di posisi lima teratas selama balapan dan itu adalah targetnya, tapi sayang kami mengambil risiko agar bisa berada di sana menggunakan kompon ban keras. Itu adalah kesalahan saya, meskipun ban tidak memberikan peringatan,” kata Marc.

Baca juga: Hasil FP1 MotoGP Inggris 2024, Martin Tercepat, Marquez Terjatuh

Marc menambahkan, balapan hari Minggu akan menjadi yang tersulit, tetapi dia dan Gresini Racing akan melakukan yang terbaik.

Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Inggris 2024Dok. Gresini Racing Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Inggris 2024

Sedangkan Alex yang finis di posisi keenam, mengakui dirinya bisa mengawali start dengan baik. Tapi, sempat melakukan kesalahan kecil di tikungan pertama sehingga kehilangan posisi.

“Kami memiliki ritme yang sama dengan Marc dan kami jelas lebih cepat dari Brad Binder dan Pedro Acosta, tentunya itu bagus. Mungkin saya kehilangan terlalu banyak waktu dalam pertarungan bersama Fabio Di Giannantonio,” ujar Alex.

Marquez bersaudara, Alex Marquez (kiri) dan Marc Marquez (kanan), saat berlaga pada MotoGP Jerman 2024Dok. Gresini Racing Marquez bersaudara, Alex Marquez (kiri) dan Marc Marquez (kanan), saat berlaga pada MotoGP Jerman 2024

Pebalap dengan nomor start 73 ini sangat positif bahwa para mekanik akan bikin Ducati Desmosedici GP23 semakin nyaman dikendarai untuk balapan utama pada Minggu (4/8/2024).

“Pastinya akan lebih cerah untuk balapan hari Minggu, dibandingkan dengan sebelumnya. Feeling bagus meskipun kami sadar bahwa setidaknya ada empat pembalap yang saat ini dalam performa lebih baik dari kami,” kata Alex.

Pada klasemen sementara MotoGP 2024, Marc berada di peringkat keempat dengan 166 poin. Sedangkan Alex, bertahan di peringkat kesepuluh dengan mengantongi total 83 poin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau