Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wujud dan Spesifikasinya Bocor, Toyota bZ3C Siap Meluncur di China

Kompas.com - 17/09/2024, 10:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota dikabarkan akan segera meluncurkan mobil listrik terbarunya. Belum lama ini, dikabarkan bahwa pabrikan Jepang tersebut sudah mendaftarkan bZ3C di China.

Dikutip dari Carnewschina.com, Senin (16/9/2024), versi produksi dari Toyota bZ3C serba listrik terungkap saat mengajukan izin penjualan di China. Disebutkan bahwa motor listrik dan baterainya bersumber dari BYD.

Baca juga: Sedan Listrik Toyota bZ3 Resmi Meluncur, Punya Daya Jelajah 600 Km

Mobil listrik ketiga Toyota ini rencananya diproduksi di pabrik patungan FAW-Toyota di Tianjin. Produksinya baru dimulai semester IV 2024.

Mobil listrik Toyota bZ3CDok. Carnewschina.com Mobil listrik Toyota bZ3C

Untuk diketahui, setiap mobil yang akan dipasarkan di China harus disetujui oleh regulator setempat. Kementerian Industri dan Teknologi Informasi di China nantinya akan menerbitkan daftar kendaraan yang telah melalui proses homologasi setiap bulannya.

Namun, para produsen mobil tidak senang dengan regulasi ini. Sebab, data tersebut mengungkapkan gambar dan spesifikasi versi produksi dari mobil yang belum diluncurkan secara resmi.

Baca juga: Masalah Kamera, Toyota Indonesia Recall bZ4X dan Lexus

Toyota bZ3C merupakan SUV listrik 4-pintu yang dapat menampung lima penumpang. Secara desain eksterior, mobil ini mirip dengan Prius.

Mobil listrik Toyota bZ3CDok. Carnewschina.com Mobil listrik Toyota bZ3C

Untuk dimensinya, bZ3C disebutkan memiliki panjang 4.780 mm, lebar 1.866 mm, tinggi 1.510 mm, dan jarak sumbu roda 2.880 mm. Beratnya mencapai 1.920 kg dan tersedia dua pilihan roda, yakni ukuran 18 inci dan 21 inci.

SUV listrik ini akan dibekali motor listrik tunggal dari BYD. Tenaganya disebutkan mencapai 200 kW atau setara dengan 268 TK. Namun, untuk kecepatan maksimumnya dibatasi menjadi 160 kilometer per jam.

Baca juga: Bocoran Harga Toyota Hilux Rangga, mulai Rp 190 Jutaan

Mobil listrik Toyota bZ3CDok. Carnewschina.com Mobil listrik Toyota bZ3C

Baterainya mengandalkan Lithium Ferro Phosphate dari FinDreams yang juga anak perusahaan dari BYD. Sayangnya, tidak disebutkan berapa kapasitas baterainya. Tapi, diperkirakan jarak tempuhnya ada di kisaran 500 km hingga 600 km.

Sebelum bZ3C meluncur, saat ini sudah ada dua mobil listrik Toyota yang mengaspal di China, yakni bZ4X dan bZ3. Kabarnya, bZ4C akan diperkenalkan pada akhir tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau