Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Nama Pikap Toyota Hilux Rangga

Kompas.com - 20/07/2024, 12:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Toyota Astra Motor (TAM) akan meluncurkan Hilux Rangga dalam waktu dekat. Pikap yang bermain di segmen medium tersebut jadi opsi lebih murah dari Toyota Hilux yang memang sudah dijual sejak lama.

Secara nama, Hilux Rangga memang panjang, terdiri dari dua kata, yaitu Hilux dan Rangga. Ada alasan kenapa nama Hilux dan Rangga disematkan bersebelahan buat pikap baru Toyota ini.

Marketing Director PT TAM Anton Jimmi Suwandy mengatakan, Hilux Rangga mengambil beberapa kelebihan dari nama Hilux dan Rangga.

Baca juga: Menunggu Toyota Hilux Rangga, Jadi Kebangkitan Karoseri Indonesia

Toyota Hilux Rangga dengan aplikasi layar LED berjalan di GIIAS 2024KOMPAS.com/ADITYO Toyota Hilux Rangga dengan aplikasi layar LED berjalan di GIIAS 2024

"Hilux itu project IMV (Innovative International Multi-purpose Vehicle), dipakai di berbagai negara, terkenal awet, bertenaga, dan aman. Ini produk unggulan, sampai sekarang (jadi) Fortuner, Innova Reborn, dan sebagainya," kata Anton di GIIAS 2024, Kamis (18/7/2024).

Sedangkan kata Rangga, Anton bilang mengenang dulu ada produk Toyota dengan nama Kijang Rangga. Terinspirasi dari pikap tersebut yang bisa dibilang melegenda sampai sekarang.

"Biar bisa jadi legenda baru di Indonesia," kata Anton.

Baca juga: Daihatsu Sebut Penurunan Penjualan di Luar Prediksi


Lebih lanjut, Anton menjelaskan beberapa keunggulan dari Hilux Rangga yang mau meluncur. Pertama soal tenaga, menggunakan basis mesin diesel dengan kode GD dan juga ada versi bensinnya, terkenal punya performa baik dan awet.

"Kedua, keamanan yang lebih baik, ada moncong kap mesin (bonnet), serta radius putar yang pendek, 4,9 meter saja," ucap Anton.

Bicara soal penamaan, Hilux Rangga di Thailand juga terdiri dari dua kata, Hilux dan Champ. Sedangkan di Filipina, konsep Rangga diganti namanya jadi Tamaraw Concept, model mobil yang juga melegenda di sana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau