Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jajal Honda Motocompacto, Motor Listrik Koper

Kompas.com - 20/07/2024, 09:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


TANGERANG, KOMPAS.com - Honda Prospect Motor (HPM) membawa sepeda motor listrik ringkas bernama Motocompacto di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang berlangsung 18-28 Juli 2024.

Meski sekadar eksibisi, Motocompacto mampu menarik perhatian sebab Honda membuat aera test ride mini di dalam booth. Setiap pengunjung oleh mencoba motor listrik ini di ruang terbatas.

Baca juga: Daihatsu Sebut Penurunan Penjualan di Luar Prediksi

Pertama kali melihat Motocompacto maka pasti teringat saudara tuanya yaitu Motocompo. Namun secara desain bisa disebut Motocompacto jauh berbeda, dimensinya juga terlihat lebih ramping namun tinggi.

Motor listrik Honda Motocompacto di GIIAS 2024KOMPAS.com/ADITYO WISNU Motor listrik Honda Motocompacto di GIIAS 2024

Saat pertama kali duduk di Motocompacto hal yang pertama dirasakan ialah jok pengendara. Joknya imut sekali, dan buat pengendara dengan tinggi 168 Cm dan bobot 80 Kg joknya terbilang sempit.

Tapi hal itu bisa dimengerti sebab motor ini memang didesain bukan untuk perjalanan jauh melainkan sebagai komuter untuk perjalanan singkat.

Baca juga: Daihatsu Manut Soal Kebijakan Mobil Baru Wajib Pakai Asuransi TPL

Bahkan sebetulnya didesain sebagai alternatif transportasi ringan, karena itu motor ini bisa dilipat jadi seperti koper.

Menariknya setang ternyata cukup tinggi sehingga posisi tangan cukup santai. Motor ini tidak pakai handel gas, gantinya tombol yang ditekan pakai ibu jari.

Honda MotocompactoFoto: KOMPAS.com/Adityo Wisnu Prabowo Honda Motocompacto

Motocompacto punya dua mode berkendara. Redaksi Kompas.com menjajal kedua, dan ketika pakai mode 2 ternyata larinya cukup responsif buat motor semungil ini.

Setelah beberapa saat merasakan Motocompacto, kami minta kepada penanggung jawab arena untuk melipat motor jadi koper.

Prosesnya cukup mudah. Pertama melepas jok motor, kemudian melipat setang. Memasukkan roda belakang ke dalam bodi, dan terakhir melipat foot step atau pijakan kaki.

Baca juga: Daihatsu Manut Soal Kebijakan Mobil Baru Wajib Pakai Asuransi TPL

Untuk diketahui Motocompacto telah meluncur di pasar Amerika Serikat (AS) sejak akhir tahun lalu, dan dijual sekitar 995 dollar AS atau setara Rp 15 jutaan.

Honda MotocompactoACURANEW.com Honda Motocompacto

Baca juga: Pabrikan Otomotif Diminta Tidak Naikkan Harga Jual, Ini Kata Suzuki

Motocompacto merupakan versi generasi baru dari Motocompo, yaitu skuter kecil yang dijual oleh Honda pada tahun 1981-1983 sebagai paket pembelian Honda City.

Saat ini Motocompacto jadi pendekatan inovatif untuk transportasi elektrik. Unik karena bisa dilipat, bahkan bisa ditumpuk, bisa masuk ke bagasi mobil atau dibawa ke transportasi umum.

Baterainya berukuran 6,8 Ah, cukup dicas 3,5 jam dengan colokan 110 V. Baterai itu menggerakkan roda depan (front wheel drive) yang memakai motor listrik bertenaga 490 W dan torsi 16 Nm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau