Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kupas Spesifikasi Prius Hybrid EV di GIIAS 2024

Kompas.com - 18/07/2024, 12:32 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Toyota Prius Hybrid akhirnya resmi dijual di Indonesia mulai Rabu (17/7/2024) di GIIAS 2024. Mobil hybrid terlaris Toyota itu dibanderol Rp 698 juta, lebih murah dari prediksi tahun lalu yang sempat disebut Rp 800 jutaan saat mejeng di GIIAS 2023.

Secara tampilan, Prius generasi kelima punya desain yang lebih tajam. Bahkan dari depan, bagian gril dan lampu seperti hammerhead shark atau hiu kepala martil, agresif.

Aliran garis desain yang agresif di depan, disambung terus sampai ke belakang. Makanya secara tampilan jadi lebih sleek dan aerodinamis, cocok buat mobil hybrid yang mengutamakan efisiensi dan jarak tempuh.

Baca juga: Prius Plug-in Hybrid Sudah Bisa Dipesan, Harganya Belum Diumumkan

Faschia Depan All New Prius HEV (Hybrid Electric Vehicle) Faschia Depan All New Prius HEV (Hybrid Electric Vehicle)

Selain model mobilnya yang baru, teknologi hybrid yang disematkan ke Prius juga baru, generasi kelima yang lebih efisien dengan garansi baterai delapan tahun atau 160.000 Km.

Dapur pacu Prius Hybrid menggunakan mesin 1.798cc empat silinder segaris yang dikombinasikan dengan motor generator. Tenaga dan torsi dari mesin tersebut tembus 72 kW (96,5 TK) di 5.200 RPM dan torsi 142 Nm di 3.600 RPM.

Sedangkan motor listrik yang bekerja berbarengan dengan mesin, memiliki tenaga 70 kW (93,8 TK) dan 185 Nm. Jadi motor generator mumpuni apalagi saat dibutuhkan ketika kondisi baterai penuh untuk menghemat BBM.

Baca juga: Daftar Mobil Baru BMW yang Meluncur di GIIAS 2024

Profil Samping All New Prius HEV (Hybrid Electric Vehicle) Profil Samping All New Prius HEV (Hybrid Electric Vehicle)

Beralih ke kabin, bagian pengendara dibuat layaknya kokpit pesawat. Klaster instrumen model melayang di atas dasbor dan adanya head unit berukuran sembilan inci.

Bisa dibilang, desain kabin Prius terbaru senada dengan bZ4X. Makanya bukan cuma futuristis dan agresif di luar, tapi pengemudi juga bisa merasakan kecanggihan dari pandangan mata.

Prius baru ini juga menggunakan rangka TNGA terbaru dengan keunggulan lebih kaku biar makin aman, ringan biar makin halus, low centre of gravity agar stabil, dan kabin yang lebar dan rendah, memberi kesan sporty driving.

Baca juga: Toyota New GR Yaris Meluncur, Harga mulai Rp 1,1 Miliar

Prius Hybrid juga dilengkapi dengan Toyota Safety Sense yang lengkap, seperti Pre-collision System, Lane Tracing Assist, Dynamic Radar Cruise Control (Adaptive Cruise Control), Automated High Beeam, dan Lane Departure Alert.

Prius Hybrid dijual dengan harga Rp 698 juta. Tersedia empat warna, yakni Mustard, Ash, Attitude Black, dan Platinum White Pearl. Mobilnya diimpor langsung dari Jepang dan mulai diantar tahun ini setelah pemesanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau