Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keunggulan Deretan Mobil Wuling dari Kacamata Konsumen

Kompas.com - 18/07/2024, 10:09 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling menjadi salah satu pabrikan yang punya banyak model mobil listrik di Indonesia. Berbagai tipe sudah dipasarkan seperti Air EV, Binguo EV, dan Cloud EV.

Tak hanya mobil listrik, berbagai model mobil bermesin konvesional juga dipasarkan, bahkan berhasil diterima dengan baik oleh konsumen. Salah satunya reviewer otomotif Tanah Air, Ridwan Hanif.

“Wuling sudah menjadi top of mind saat berbicara tentang EV yang terjangkau dengan teknologi terdepan. Bagi saya Wuling bukan hanya alat transportasi, tapi juga peningkat kualitas hidup,” ucap Ridwan.

Baca juga: Wuling Sebut CATL Siap Bangun Pabrik Baterai di Indonesia


Tidak tanggung-tanggung, ia memiliki hampir setiap model yang dirilis di Indonesia. Sebut saja, Cortez, Alvez, Air EV dan Binguo EV telah masuk garasi rumahnya. Satu alasan yang pasti adalah pria ini terpikat lantaran kualitas dan harga yang terjangkau.

"Wuling tuh terjangkau, canggih, nyaman dan terasa seperti bagian dari keluarga. Dimulai dari Wuling Cortez yang saya beli, dan terus digunakan untuk rental. Mobil Wuling kedua saya adalah Air EV yang akhirnya keluarga gunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Benar-benar terasa hematnya, lalu saya beli lagi BinguoEV ketika anak ketiga saya lahir karena bertambahnya anggota keluarga," kata dia dalam informasi dari Wuling Motors.

"BinguoEV memilik tampilan yang classy, ikonik ditambah lagi ada lifetime warranty untuk komponen utama EV termasuk pada baterai. Melihat banyaknya pengalaman positif yang saya punya, tentu saya berani merekomendasikan Wuling kepada orang terdekat saya," ucap dia.

Baca juga: Wuling Klaim Rebut 52 Persen Pasar Mobil Listrik Tanah Air

Wuling Binguo EV di ajang GIIAS 2024KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Wuling Binguo EV di ajang GIIAS 2024

Ridwan juga menyinggung Alvez yang akhirnya dibeli untuk kebutuhan operasional kantor di Jakarta.

Bicara mengenai tampilan, desain Alvez cukup sleek dan stylish, tampilannya lebih sporty daripada Almaz yang agresif. Garis desainnya dinamis, gril depan dihiasi kotak pixel tiga dimensi dengan logo silver Wuling di tengah.

Tampilan kaki-kaki ditunjang penggunaan pelek lingkar 16 inci. Penerangan menggunakan LED DRL serta adjustable LED pada lampu utama dan LED lampu belakang.

Mobil ini sudah menggunakan antena sirip hiu dan spoiler belakang menambah kesan sporty, ditambah lis jendela berwarna krom dan pelek alloy wheel 16 inci.

Baca juga: Spesifikasi Angkot AC di Depok, Pakai Wuling Confero

Wuling AlvezWuling Motors Wuling Alvez

 

Interior Alvez tampak modern dan lega, dengan aksen balutan premium soft touch panel, electric sunroof, synthetic leather seat, mendukung kenyamanan penumpang di dalam kabin. Tidak ketinggalan, layar 7 inci melengkapi interior sebagai multi information display (MID) dan head unit 10.25 inci dengan koneksi internet.

Mobil ini tersedia beragam fitur modern, yakni WIND atau perintah suara dengan konfigurasi bahasa Indonesia, dan IoV untuk menghubungkan Alvez dengan smartphone pengguna.

Demi menunjang kemudahan serta keselamatan pengguna Alvez sudah dibekali Advanced Driver Assistance System (ADAS) sebagai sistem pengemudi otomatis ketika kondisinya darurat seperti mengerem otomatis, menghindari objek di depan dan sebagainya.

Baca juga: Diskon Mobil Listrik Wuling Juli 2024, Tembus Rp 40 Juta

Wuling Air EV Long Range 2022.Carousell Wuling Air EV Long Range 2022.

Selain itu, ada tiga kategori ADAS yang disematkan pada Alvez, yakni Adaptive Cruise, Lane Recognition, dan Safe Distance & Braking Assistance.

Kategori Adaptive Cruise meliputi Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Assistance (BCA), Traffic Jam Assistance (TJA) with lane-keeping function, dan Intelligent Cruise Assistance (ICA) with lane-keeping function.

Untuk Safe Distance Warning (SDW), Forward Collision Warning (FCW), Collision Mitigation System (CMS), Automatic Emergency Braking (AEB), dan Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA) yang terdapat dalam kategori Safe Distance & Braking Assistance.

Baca juga: Mengulik Fitur Unggulan Wuling Binguo EV

Modifikasi Wuling Air ev di PEVS 2024Kompas.com/Nanda Modifikasi Wuling Air ev di PEVS 2024

Terakhir ada fitur Lane Departure Warning di kategori Lane Recognition yang berguna untuk membantu pengendara tetap berada pada lajurnya saat sedang di jalan.

Fitur tersebut termasuk dalam kategori keselamatan aktif yang mampu mendeteksi, memberikan peringatan, sampai beraksi terhadap adanya risiko yang bisa terjadi ketika dalam perjalanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau