Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyaluran Motor Listrik Subsidi Semester I-2024 Tembus 24.000 Unit

Kompas.com - 09/07/2024, 07:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Angka penyaluran subsidi motor listrik semester I-2024 mencapai 24.042 unit. Perolehan ini telah meraih dua kali lipat capaian pada sepanjang 2023, yakni sebanyak 11.532 unit.

Dilansir dari situs penyaluran subsidi Sisapira (Sistem Informasi Bantuan Pembelian Kendaraan Bermotor Listrik Roda Dua) (9/7/2024), terdapat 14.943 unit yang masih dalam proses pendaftaran dan 599 unit telah terverifikasi.

Laman Sisapira juga menghitung setidaknya sudah ada 39.584 unit motor listrik subsidi yang diterima masyarakat pada 2024.

Baca juga: Diskon Motor Listrik Juli 2024 Tembus Rp 9 Juta

Volta Mandala Brilliant Yellow yang dijual terbatas, harganya sama, cuma Rp 10,95 juta setelah potong subsidiKOMPAS.com/FATHAN Volta Mandala Brilliant Yellow yang dijual terbatas, harganya sama, cuma Rp 10,95 juta setelah potong subsidi

Artinya untuk mencapai target 50.000 unit pada tahun ini, penyaluran motor listrik subsidi hanya butuh 10.416 unit lagi. Sedangkan untuk mengejar target awal sebanyak 600.000 unit, masih kurang 560.416 unit.

“Kami berharap penjualan sepeda motor listrik dengan bantuan pembelian pemerintah dapat dimanfaatkan oleh masyarakat lebih banyak lagi,” ujar Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (Aismoli) Budi Setiyadi, kepada Kompas.com belum lama ini.

Budi juga mendorong supaya merek-merek yang telah memasarkan motor listrik untuk meningkatkan TKDN agar tetap jadi pilihan masyarakat.

Baca juga: Daftar Mobil Listrik yang Dapat Insentif PPN Tahun 2024

“Artinya semakin banyak tipenya juga pilihan masyarakat semakin luas untuk mendapat motor listrik sesuai spesifikasi yang diharapkan,” ucap Budi.

“Kalau sebagian besar sudah bisa TKDN dan bisa subsidi, yang enggak subsidi kan pastinya tidak kompetitif karena harga makin tinggi. Pastinya mereka akan kejar untuk sampai sana,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau