Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Daftar Mobil Listrik yang Dapat Insentif PPN | Diskon Motor Listrik Juli 2024 | Ada Perbaikan Tol Jakarta-Cikampek sampai Minggu Depan

Kompas.com - 09/07/2024, 06:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pembaca yang ingin tahu daftar mobil listrik yang mendapatkan insentif PPN. Selain itu, banyak juga yang penasaran dengan diskon motor listrik pada Juli 2024.

Tak ketinggalan, banyak yang ingin tahu soal perbaikan tol Jakarta-Cikampek. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini deretan artikel otomotif terpopuler pada Senin (8/7/2024):

1. Daftar Mobil Listrik yang Dapat Insentif PPN Tahun 2024

Desain eksterior Wuling Binguo EVKompas.com/Donny Desain eksterior Wuling Binguo EV

Untuk mempercepat transformasi kendaraan listrik, pemerintah memberikan insentif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk mobil listrik dan bus listrik. Insentif diberikan melalui Kementerian Keuangan untuk mobil listrik dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) tertentu.

PPN mobil listrik dari yang tadinya 11 persen dikurangi menjadi hanya 1 persen. Kebijakan ini sudah berlaku sejak 2023, kemudian diperpanjang hingga 2024.

Baca juga: Daftar Mobil Listrik yang Dapat Insentif PPN Tahun 2024

2. Cek Harga Motor Listrik Subsidi per Juli 2024, mulai Rp 5 Jutaan

Motor listrik Yadea.DOK. Indomobil Motor listrik Yadea.

Memasuki paruh kedua tahun tahun ini atau pada Juli 2024, daftar sepeda motor listrik penerima subsidi pemerintah sebesar Rp 7 juta mencapai 57 model. Tercatat, jumlah model motor listrik penerima subsidi lebih banyak dibandingkan tahun lalu, ketika bantuan pemerintah mulai bergulir.

Ketika akhir 2023, jumlah model motor listrik penerima subsidi masih berjumlah 40-an tipe, tapi dalam rentang waktu satu bulan langsung meningkat menjadi 50-an tipe.

Baca juga: Cek Harga Motor Listrik Subsidi per Juli 2024, mulai Rp 5 Jutaan

3. Diskon Motor Listrik Juli 2024 Tembus Rp 9 Juta

Yadea tampil pada ajang Asia Bike di PEVS 2024KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Yadea tampil pada ajang Asia Bike di PEVS 2024

Banyak orang yang mulai tertarik membeli motor listrik. Apalagi, jika mendengar adanya potongan harga atau diskon mencapai jutaan rupiah.

Tercatat ada beberapa produsen motor listrik yang memberikan diskon cukup tinggi pada Juli 2024. Bahkan, diskonnya bisa mencapai Rp 9 juta.

Baca juga: Diskon Motor Listrik Juli 2024 Tembus Rp 9 Juta

4. Jatuh di MotoGP Jerman, Jorge Martin Bingung Jelaskan yang Terjadi

Pebalap Pramac Racing, Jorge Martin, kala beraksi dalam rangkaian MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring, 5-7 Juli 2024. (Photo by Radek Mica / AFP)AFP/RADEK MICA Pebalap Pramac Racing, Jorge Martin, kala beraksi dalam rangkaian MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring, 5-7 Juli 2024. (Photo by Radek Mica / AFP)

Pebalap Pramac Racing Jorge Martin harus menelan pil pahit di MotoGP Jerman 2024. Martin terjatuh saat memimpin balapan saat tinggal dua lap sebelum finis.

Martin jatuh di tikungan 1 karena tergelincir. Membuat Francesco Bagnaia finis pertama, dan duet kakak-beradik Marc Marquez dan Alex Marquez meraih podium kedua dan ketiga.

Baca juga: Jatuh di MotoGP Jerman, Jorge Martin Bingung Jelaskan yang Terjadi

5. Waspada Macet, Ada Perbaikan Tol Jakarta-Cikampek sampai Minggu Depan

Tol Jakarta-CikampekJASA MARGA Tol Jakarta-Cikampek

Jalan Tol Jakarta-Cikampek kembali mendapat perawatan rutin berupa rekonstruksi untuk meningkatkan keamanan bagi pengguna jalan.

Kegiatan ini dilakukan PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) selaku pengelola Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek bersama PT Jasamarga Tollroad Maintenance (JMTM) selaku service provider sebagai pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Badan Usaha Jalan Tol.

Baca juga: Waspada Macet, Ada Perbaikan Tol Jakarta-Cikampek sampai Minggu Depan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau