Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Survei: Toyota Merek Teratas soal Mobil Hybrid

Kompas.com - 03/07/2024, 16:12 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil hybrid merupakan mobil elektrifikasi yang paling laris di Indonesia dibandingkan mobil listrik berbasis baterai dan plug in hybrid (PHEV).

Mobil dengan dua penggerak ini punya keunggulan dari berbagai sisi yaitu tampilannya mirip mobil konvensional, irit bahan bakar, hingga kepraktisan berkendara karena mayoritas tak perlu charging.

Baca juga: Jangan Pakai Oli Bekas, Ini 5 Pilihan Pelumas Rantai beserta Harga

Belum lama ini Kompas.com melakukan survei kepada 1.075 orang, hasilnya cukup menarik bahwa Toyota menjadi merek teratas atau top of mind (TOM) masyarakat untuk mobil hybrid di Indonesia.

Toyota Camry hybrid 2020 ini dinyatakan lulus setelah menjalani uji emisi di loksi razia di Terminal Blok MKompas.com/Sendy Toyota Camry hybrid 2020 ini dinyatakan lulus setelah menjalani uji emisi di loksi razia di Terminal Blok M

Survei dilakukan pada 11-27 Maret 2024 dengan studi kuantitatif. Responden berasal dari pembaca Kompas.com di semua daerah di Indonesia, terdiri dari semua umur dan gender baik pria dan wanita.

Baca juga: Jokowi Resmikan Pabrik Baterai EV Pertama di Indonesia

Toyota jadi merek yang paling atas diingat masyarakat mengenai mobil hybrid dengan raihan 56 persen. Sedangkan di bawahnya terpaut jauh di posisi dua ada Hyundai dengan 13 persen dan Honda di posisi ketiga dengan 11 persen.

Sebetulnya wajar jika Toyota menjadi merek top of mind di segmen mobil hybrid, sebab saat ini pabrikan asal Jepang tersebut punya jajaran mobil hybrid terbanyak dan terlengkap.

Toyota Yaris Cross Hybrid.Dok. KOMPAS.com Toyota Yaris Cross Hybrid.

Mobil hybrid Toyota dapat dikatakan mengisi semua segmen, mobil mulai berjenis sedan, sport utility vehicle (SUV), dan multi purpose vehicle (MPV).

Pada segmen sedan, tersedia Camry HEV dan Corolla Altis HEV. Segmen SUV yang terbanyak, yakni Corolla Cross HEV, Yaris Cross HEV, dan RAV4 GR Sport PHEV. Lalu, segmen MPV diisi oleh Alphard HEV dan Innova Zenix HEV.

“Jenis mobil hybrid Toyota yang diingat pembaca Kompas.com adalah Toyota Camry Hybrid, Alphard hybrid, dan Corolla Hybrid,” tulis hasil survei dikutip Rabu, (3/7/2024).

Baca juga: TVS Sebut Ekspor Motor Bebek Lebih Mendominasi

Suzuki Ertiga Hybrid Cruise meluncur di IIMAS 2024KOMPAS.com/ADITYO WISNU PRABOWO Suzuki Ertiga Hybrid Cruise meluncur di IIMAS 2024

Untuk diketahui, top of mind mengacu pada merek atau produk tertentu yang muncul pertama kali di pikiran konsumen saat memikirkan industri atau kategori tertentu.

Singkatnya top of mind adalah merek pertama yang muncul di benak konsumen ketika ditanyai pertanyaan tentang kategori dari produk atau dalam hal ini mobil listrik.

Merek yang paling diingat dalam top of mind pelanggan sangat mungkin memengaruhi pertimbangan mereka untuk melakukan pembelian.

Berikut urutan top of mind merek mobil hybrid hasil survei Kompas.com:

1. Toyota: 56 persen
2. Hyundai: 13 persen
3. Honda: 11 persen
4. Wuling: 9 persen
5. Suzuki: 5 persen
6. Tesla: 3 persen
7. Lexus 2 persen
8. BMW: 1 persen
9. Nissan: 1 persen
10. Mitsubishi: 1 persen
11. Daihatsu: 1 persen
12. BYD: 0 persen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com