Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Survei: Wuling Jadi Merek Paling Diingat Masyarakat soal Mobil Listrik

Kompas.com - 03/07/2024, 09:12 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Cepat atau lambat mobil listrik dipercaya bakal jadi arus utama di bidang transportasi menggeser dominasi mobil berbahan bakar konvensional.

Beberapa pabrikan mobil dunia sudah merilis peta jalan produksi mobil listrik. Penjualan mobil listrik pun tumbuh secara cepat di beberapa bagian dunia, termasuk salah satunya Indonesia.

Baca juga: Mobil Bekas di Bawah Rp 150 Juta, Ada Jazz, Fortuner hingga Orlando

Era mobil listrik di Indonesia dapat disebut mulai dari tahun 2022. Sejak itu pertumbuhan pasar mobil listrik memang belum besar tapi cukup stabil alias konsisten.

Ioniq 5 Batik dan Kona Electric Bikin Pengunjung IIMS TerpincutKompas.com/Daafa Alhaqqy Ioniq 5 Batik dan Kona Electric Bikin Pengunjung IIMS Terpincut

Di sisi lain pemerintah juga terus mendorong peralihan pemakaian mobil berbahan bakar konvensional ke mobil listrik, mulai dari pemberian insentif atau keuntungan baik untuk produsen dan juga konsumen.

Survei yang dilakukan oleh Kompas.com kepada 1.075 orang, Wuling menjadi merek teratas atau top of mind (TOM) untuk mobil listrik di Indonesia.

Survei dilakukan pada 11-27 Maret 2024 dengan studi kuantitatif. Responden berasal dari pembaca Kompas.com di semua daerah di Indonesia, terdiri dari semua umur dan gender baik pria dan wanita.

Baca juga: Pentingnya Jasa Inspeksi Mobil Bekas untuk Cegah Kerugian Besar

Wuling jadi merek yang paling atas diingat masyarakat mengenai mobil listrik dengan raihan 40 persen. Sedangkan di bawahnya di posisi dua ada Hyundai dengan jumlah responden sebesar 24 persen.

Mobil listrik BYD Atto 3Kompas.com/Donny Mobil listrik BYD Atto 3

“Jenis mobil listrik Wuling yang menjadi top of mind (TOM) pembaca Kompas.com adalah Wuling Air EV dan Wuling Bingo, sedangkan jenis mobil listrik Hyundai yang diingat pembaca Kompas.com adalah Hyundai Ioniq,” tulis hasil survei dikutip Selasa (2/7/2024).

Baca juga: Mobil Damkar Tertabrak Kereta Api, Tidak Ada Kendaraan Prioritas di Perlintasan KA

Perlu diketahui, top of mind mengacu pada merek atau produk tertentu yang muncul pertama kali dipikiran konsumen saat memikirkan industri atau kategori tertentu.

Singkatnya top of mind merupakan merek pertama yang muncul di benak konsumen ketika menjawab pertanyaan tentang kategori dari produk atau dalam hal ini mobil listrik.

Merek yang paling diingat dalam top of mind pelanggan sangat mungkin memengaruhi pertimbangan untuk melakukan pembelian.

Berikut urutan top of mind mobil listrik hasil survei Kompas.com:

  1. Wuling: 40 persen
  2. Hyundai: 24 persen
  3. Tesla: 23 persen
  4. Toyota: 5 persen
  5. Honda: 4 persen
  6. BYD: 3 persen
  7. BMW: 2 persen
  8. Suzuki: 1 persen
  9. Daihatsu: 0 persen
  10. Morris Garages (MG): 0 persen
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com