Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Bedanya Coating dan PPF untuk Cat Mobil

Kompas.com - 18/08/2023, 17:41 WIB
Stanly Ravel

Editor

TANGERANG, KOMPAS.com - Banyak cara memberikan perlindungan cat mobil. Selain melakukan coating, ada juga yang memilih dengan menggunakan paint protection film (PPF).

Meski sama-sama dapat memberikan perlindungan, tapi keduanya memiliki cara yang berbeda. Garis besarnya banyak yang menganggap PPF memberikan proteksi pada cat, sedangkan coating mengubah penampilan warna seperti baru lagi.

Pengerjaan coating menggunakan bahan kimia yang ditempatkan atau dioleskan pada area bodi. Sementara untuk PPF, bodi mobil akan dilapisi dengan plastik seperti halnya laminating.

Kevin Danudoro, General Manager UPPF Indonesia mengatakan, sebenarnya PPF berguna sebagai perlindungan cat orisinil pada mobil. Dengan kondisi jalanan di Indonesia, PPF bisa jadi solusi perlindungan dari berbagai ancaman di jalanan seperti baret, batu kerikil, hingga serempetan motor.

Baca juga: Merasakan Lagi Sensasi Berkendara Suzuki Grand Vitara Hybrid

PPF bodi mobilUPPF PPF bodi mobil

"Tidak hanya berfungsi sebagai proteksi, PPF juga dapat membuat mobil terlihat lebih glossy sehingga meningkatkan penampilan fisik mobil. Sedangkan coating lebih kepada penampilan mobil saja, yang dapat menjadikan warna cat mobil lebih keluar dan terlihat glossy seperti baru tanpa adanya fitur proteksi," ucap Kevin dalam keterangan resminya, Kamis (17/8/2023).

Dibandingkan coating, sebenarnya proses PPF punya keunggulan karena memberikan proteksi dengan membungkus seluruh bagian bodi dengan lapisan film.

Sementara coating, masih dianggap ada risiko lapisan cat mobil masih bisa terkikis sehingga memungkinkan terjadinya baret.

"Selain itu PPF juga memiliki fitur self-healing pada baret halus apabila terkena sinar matahari," kata Kevin.

Baca juga: Berburu Audio Murah di GIIAS 2023, Harga mulai Rp 2,6 Juta

Namun demikian, secara harga memang PPF lebih mahal dan pengerjaannya sedikit lebih lama. Banderol instalasinya di UPPF Indonesia mulai Rp 30 juta, tergantung dari ukuran mobil.

PPF Bodi mobilUPPF PPF Bodi mobil

Sebelum pemasangan teknisi akan melakukan pengecekan mobil, dan melakukan detailing serta paint correction bila dibutuhkan.

Bagi konsumen yang ingin menjajal, dalam gelaran GIIAS 2023 UPPF Indonesia memberikan penawaran menarik. Salah satunya diskon sebesar Rp 500.000 ketika melakukan down payment untuk paint protection film.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com