Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tujuan Menyiram Kondensor AC Mobil Menggunakan Air

Kompas.com - 28/06/2024, 16:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SLEMAN, KOMPAS.com - Belakangan ini kerap dijumpai aktivitas menyiram kondensor AC mobil dengan air, di media sosial. Proses tersebut biasanya dilakukan oleh tukang AC di pinggir jalan.

Mungkin Anda juga pernah menjumpainya saat sedang perawatan AC, itu cukup membingungkan bagi orang awam.

Selain itu, ada juga jenis modifikasi dengan memasang selang tambahan agar dapat menyemburkan air menuju area kondensor semacam motor air wiper.

Lantas, sebenarnya apa tujuan menyiram kondensor AC mobil dengan air?

Baca juga: Sepele, Kebiasaan Ini Bisa Bikin AC Mobil Lebih Awet


Dewa, Pemilik Bengkel Spesialis AC Mobil Jogja, mengatakan ada beberapa alasan kenapa ada orang yang menyiram kondensor, yakni ada kaitannya dengan performa dan modifikasi.

“Jika performa AC normal, maka penyiraman kondensor ini tidak perlu, karena tujuan dari menyiramnya sebenarnya untuk memastikan sistem AC normal, cut off mau jalan saat proses perbaikan, ini biasa dilakukan tukang AC pinggir jalan,” ucap Dewa kepada Kompas.com, Kamis (27/6/2024).

Dewa mengatakan dengan kondensor basah maka proses pendinginan akan lebih baik sehingga dapat meningkatkan performa AC, dari mulanya tidak mau cut off menjadi mau bila sistemnya normal.

Baca juga: Kenali Tanda AC Mobil Bekas Masih Sehat

Servis AC Mobil di Fortune AC, Cibubur. KOMPAS.com/Gilang Servis AC Mobil di Fortune AC, Cibubur.

“Tapi, penyiraman kondensor ini bukan menjadi solusi ketika terjadi penurunan performa AC, tidak perlu dimodifikasi dengan menambah semprotan air di depan kondensor, karena sumber masalahnya bisa diperbaiki,” ucap Dewa.

Dewa mengatakan ketika kemampuan kompresor AC lemah dalam memberi tekanan freon atau adanya hambatan alirannya maka kondisi tersebut bisa terjadi.

“AC menjadi kurang dingin, sistem cut off tak jalan, bila ada masalah pada komponen utama, tapi ketika pendinginan freon ditingkatkan dengan menyiram air, maka otomatis sensor dan termostat akan membacanya ada peningkatan performa,” ucap Dewa.

Baca juga: AC Mobil Tak Dingin, Solusinya Cukup Tambah Freon?

Servis AC Toyota Camry Hybrid membutuhkan metode khusus namun lebih sederhana.AC Mobil Jogja/Dewa Servis AC Toyota Camry Hybrid membutuhkan metode khusus namun lebih sederhana.

Bahkan, Dewa mengatakan pada mobil-mobil balap modifikasi sistem AC tidak dipasang agar performa mesin fokus dalam menghasilkan tenaga. Sebagian mereka memilih menambahkan semprotan air di depan kondensor agar udara yang berembus menjadi sejuk.

“Air pada kondensor tersebut sedikit banyak mempengaruhi embusan angin, itu juga berlaku ketika dijumpai AC mobil akan dingin hanya ketika hujan, artinya memang ada masalah,” ucap Dewa.

Jadi, tujuan menyiram kondensor AC mobil dengan air tak lain hanyalah salah satu tahapan pada proses pemeriksaan sistem AC saat perbaikan dan biasanya dilakukan oleh tukang AC yang tidak punya alat lengkap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com