Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi 5 Helm Nyaman untuk Hijaber

Kompas.com - 24/06/2024, 12:22 WIB
Muh. Ilham Nurul Karim,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam berkendara sepeda motor, keselamatan adalah prioritas utama. Bagi wanita Muslim yang mengenakan hijab, memilih helm yang tepat bisa menjadi tantangan tersendiri.

Helm yang digunakan harus nyaman, aman, dan mampu mengakomodasi penggunaan hijab.
Agus Sani, Head Of Safety Riding Promotion PT Wahana Makmur Sejati, menjelaskan bahwa wanita muslim yang berhijab harus memiliki helm khusus.

"Pilih helm yang memiliki ukuran yang pas dan desain yang dapat mengakomodasi penggunaan hijab. Hindari helm yang terlalu sempit atau terlalu longgar," kata Agus Sani kepada Kompas.com, Senin (24/6/2024).

Baca juga: Posisi Ibu Jari yang Benar di Kemudi Saat Off Road

Berikut adalah lima rekomendasi helm yang cocok untuk hijaber:

KYT Elsico, salah satu helm yang direkomendasikan untuk hijaber.Suarabay Helmet KYT Elsico, salah satu helm yang direkomendasikan untuk hijaber.

1. KYT Elsico

Helm ini memiliki desain sporty yang cocok dipasangkan dengan motor matik seperti Honda BeAT dan Scoopy. Helm ini dilengkapi dengan teknologi anti-theft system untuk mencegah pencurian dan fitur anti-gores pada semua lapisannya. Visornya yang cembung memberikan kesan feminin. Helm ini dibanderol dengan harga sekitar Rp320 ribu.

2. Helm Retro Sada Rosa

Helm ini memiliki tampilan girly dengan nuansa retro, cocok untuk pengendara Vespa matik. Busa yang empuk menjadikan helm ini nyaman dan tidak menekan kepala, serta material ABS yang ringan dan awet. Harganya sekitar Rp325 ribu. Visornya tidak terlalu cembung, memberikan tampilan classy.

Baca juga: Pahami Aturan Pasang RUP di Bumper Belakang Truk

3. Helm Cargloss Hijab YRH Half Face

Dirancang khusus untuk perempuan berhijab, helm ini memiliki desain cembung yang memudahkan penggunaan hijab dengan kunciran rambut. Terbuat dari ABS thermoplastic yang ringan dan nyaman, helm ini dilengkapi visor stylish untuk melindungi dari sinar matahari. Chin strap yang aman juga menjadi salah satu fitur utamanya.

4. Helm Bogo Classic

Helm ini memiliki nuansa retro dan sering dipasangkan dengan motor seperti Honda Scoopy dan Yamaha Fazzio. Harganya terjangkau, sekitar Rp150 ribu. Helm ini dilengkapi kaca UV protection paint, anti gores, dan anti silau. Bahannya terbuat dari plastik yang ringan dengan pilihan warna variatif seperti hitam, merah muda, merah, dan biru.

5. Helm Cargloss Retro

Helm sejuta umat ini digunakan oleh banyak perempuan karena desainnya yang kekinian dan harga yang terjangkau, sekitar Rp225 ribu. Bagian dalam helm ini nyaman dengan busa yang empuk, sehingga tidak membuat kepala pusing meskipun mengenakan cepol. Helm ini dijual tanpa kaca, namun bisa dibeli terpisah jika diinginkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com