Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Lampu Wuling Air ev, Pakai DRL Modal Rp 5 Juta

Kompas.com - 24/06/2024, 09:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran mobil listrik Wuling Air ev di Indonesia cukup menyita perhatian konsumen otomotif, tak terkecuali para modifikator.

Sektor pencahayaan mobil listrik mungil asal Tiongkok ini juga tak luput dari ubahan. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh bengkel modifikasi Tomi Airbrush, yang menciptakan ubahan menarik pada lampu Wuling Air ev.

Tomi Gunawan, pemilik Tomi Airbrush mengatakan, ubahan yang ditawarkan pada sektor lampu Wuling Air ev dinamakan matrix style dengan RGB (Reg, Green, Blue) model. Bisa disematkan pada lampu LED yang memanjang, atau lampu utama.

Baca juga: PO Kencana Siap Luncurkan Shuttle Khusus Wanita, Gambar Barbie

“Jadi lampu dalamnya itu kita pasangin LED, sistem matrik dan gradasi warna (RGB), kita buat juga acrylic lagi disesuaikan dengan bentuk lampu. Ubahannya kuat akan teknologi, merubahnya tinggal pakai aplikasi, kalau mau standar tinggal di atur saja pakai handphone,” kata Tomi, saat ditemui Kompas.com di Jakarta Barat, Jumat (21/6/2024).

Bodykit Wuling Air ev garapan Tomi AirbrushKompas.com/Nanda Bodykit Wuling Air ev garapan Tomi Airbrush

Tomi menjelaskan, untuk memodifikasi lampu mobil Air ev memakai jalur sistem kelistrikan baru. Sehingga tidak mengganggu sistem kelistrikan orisinal pada mobil.

“Kelistrikan dipasang dengan teknisi khusus, kita pakai jalur baru. Jalur bawaannya tidak di utak-atik. Pengaruh ke jarak tempuh juga tidak ada, karena LED kecil watt nya cuma berapa puluh watt,” ucap Tomi.

Baca juga: Demi Keselamatan Mobil Lain, Truk Wajib Pakai Bumper Belakang

Adapun bagi konsumen yang ingin memasang lampu matrix di Air ev, cukup menyiapkan dana mulai Rp 5 juta saja.

“Kalau untuk biaya pemasangan DRL itu bisa Rp 5 jutaan, kalau untuk lampu utamanya juga Rp 5 juta. Total-total Rp 10 jutaan,” kata Tomi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com