Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skutik Retro Yamaha Masih Andalkan Mesin 125 cc

Kompas.com - 10/06/2024, 17:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha Indonesia memiliki dua model skutik bergaya retro, yakni Fazzio dan Grand Filano. Keduanya dibekali mesin 125 cc, tapi sering kali dibandingkan dengan kompetitor yang menggunakan mesin 160 cc.

Antonius Widiantoro, Antonius Widiantoro, GM Marketing Communication PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan, Yamaha saat ini hanya membekali Fazzio dan Grand Filano dengan mesin 125 cc. Tapi, tidak menutup kemungkinan ke depannya akan berubah.

Baca juga: Hitung Konsumsi BBM Yamaha Fazzio Dipakai Akhir Pekan di Bali

Yamaha tidak pernah berhenti mendengarkan masukan konsumen. Tapi, sampai saat ini, respons konsumen untuk yang Classy dengan 125 cc itu sudah baik," ujar Antonius, saat ditemui di Bali, Sabtu (8/6/2024).

Test Ride Yamaha Fazzio Yogyakarta-SalatigaYIMM Test Ride Yamaha Fazzio Yogyakarta-Salatiga

"Bali mungkin salah satu benchmark, di area lain juga sama. Pada beberapa area bahkan juga sudah inden," kata Antonius.

Berbeda dengan skutik 125 cc Yamaha lainnya yang hanya disematkan teknologi Blue Core. Untuk skutik Classy ini, dibekali dengan teknologi Blue Core Hybrid.

Baca juga: Ajak Yamaha Fazzio Susuri Denpasar-Tanah Lot, Nyaman dan Bertenaga

Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected resmi meluncur di Indonesia KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected resmi meluncur di Indonesia

Mesin 125 cc dengan teknologi Blue Core Hybrid ini memiliki dua sumber tenaga yang saling bersinergi, yaitu tenaga yang dihasilkan dari mesin serta tenaga yang berasal dari Electric Power Assist Start (EPAS).

Mesin Fazzio Hybrid dan Grand Filano dilengkapi dengan EPAS yang berasal dari daya baterai dan berfungsi untuk membantu tarikan awal mesin pada 3 detik pertama.

Perbedaan komponen pada Blue Core Hybrid dengan Blue Core sebelumnya, terdapat pada Start Generator Control Unit (SGCU) atau Electronic Control Unit (ECU). Kemudian terdapat juga update pada fungsi power assist.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com