Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumsi BBM Yamaha Fazzio Hybrid Rute Yogyakarta-Solo

Kompas.com - 07/05/2024, 10:02 WIB
Adityo Wisnu Prabowo,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menggelar acara Clan of Classy dengan menggunakan Fazzio Hybrid Connected.

Kompas.com berkesempatan untuk mengetes seberapa irit konsumsi BBM yang dihasilkan motor ini secara full-to-full. Terlebih fitur hybrid-nya juga diklaim lebih bertenaga dan hemat bahan bakar lantaran didukung mesin bakar internal, serta tenaga dari baterai.

Pengetesan dilakukan dengan menggunakan Fazzio tipe Neo, dengan postur penguji 170 cm dengan berat 70 Kg.

Perjalanan dimulai dari Cafe Cosan Yogyakarta menuju The Apic, Solo, Jawa Tengah. Terlihat dekat di peta namun cukup terasa saat menggunakan motor ini.

Medan yang dilewati juga cukup beragam, diawali jalanan perkotaan yang padat, jalan antarkota yang lengang, sampai permukaan aspal yang tidak rata sampai berlubang.

Test Ride Yamaha Fazzio Yogyakarta-SalatigaYIMM Test Ride Yamaha Fazzio Yogyakarta-Salatiga

Saat melaju di Jalan Raya Solo-Yogyakarta,rombongan penguji yang mengetes skutik ini melaju pada kecepatan tinggi. Hanya berhenti di setiap lampu merah. Memasuki jalan alternatif pedesaan, rombongan melaju santai karena jalan yang tergolong sempit.

Saat berhenti, fitur Stop Start System otomatis mematikan mesin, sehingga memangkas konsumsi BBM. Lalu fitur Electric Power Assist membantu kinerja mesin saat awal akselerasi pada 3 detik pertama motor melaju.

Isi Bensin Motor Yamaha FazzioYIMM Isi Bensin Motor Yamaha Fazzio

Di akhir perjalanan Yogyakarta-Solo, Layar MID menunjukan jarak 92,3 kilometer, sedangkan konsumsi BBM yang berhasil dicatatkan oleh Fazzio Hybrid adalah 46,73 kilometer per liter.

Total bensin yang terpakai 1.975 liter dari total kapasitas tangki bensin 5,1 liter. Jenis bensin yang digunakan adalah RON 92.

Namun, angka tersebut tidak bisa dijadikan patokan, mengingat banyak faktor yang mempengaruhi masalah konsumsi bahan bakar. Seperti dari kondisi jalan, jarak tempuh, gaya berkendara, bahan bakar yang digunakan, kondisi kendaraan, bobot penumpang, dan sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com