Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bingung Cara Ganti Wiper Belakang Toyota Voxy, Simak Langkahnya

Kompas.com - 28/05/2024, 14:49 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Voxy jadi salah satu MPV terlaris di Indonesia. Mobil ini punya wiper belakang yang tersembunyi. Sehingga, tak sedikit orang yang bingung bagaimana cara menggantinya.

Posisi wiper belakang pada Voxy menggantung di bagian atas. Ketika tidak diaktifkan, wiper tersebut tidak akan terlihat.

Baca juga: Harga Setara Alphard Tua, Toyota Voxy Seken Bisa Jadi Opsi

Dengan posisinya yang tersembunyi di bagian atas pintu belakang, tak sedikit pengguna Voxy yang tidak tahu bagaimana cara menggantinya. Padahal, caranya sudah dijelaskan di buku panduan pemilik atau owner's manual.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by ??????????s ??????? ??????? (@fbambangk)

Arie Hermawan, Head of Public Relation PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, langkah pertama adalah menyalakan mobil dengan menekan dua kali tombol Engine Start Stop. Setelah itu, putar switch wiper belakang ke depan atau ke posisi On dan matikan kembali.

"Setelah itu, tekan kembali tombol Engine Start Stop ke posisi Off. Jangan sampai lebih dari 45 detik, geser tuas wiper ke depan dan tahan selama 2 detik atau lebih," ujar pria yang akrab disapa Awan, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (28/5/2024).

Baca juga: Cek Harga Toyota Voxy Bekas, mulai Rp 335 Jutaan

Awan menambahkan, kalau sudah, maka posisi wiper akan menghadap ke bawah menandakan wiper belakang dalam posisi servis. Untuk menaikkan posisi wiper belakang kembali ke atas juga mudah.

Eksterior Toyota All New VoxyKompas.com/Donny Eksterior Toyota All New Voxy

"Cukup mengaktifkan kembali wiper belakang atau kecepatan kendaraan sekitar 7 kilometer per jam atau lebih, atau bisa juga ketika tuas transmisi digeser ke R (Reverse)," kata Awan.

Setelah mengetahui langkah tersebut, sekarang mengganti wiper belakang bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa perlu ke bengkel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com