Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ruang Bakar Mesin Mobil Dipenuhi Kerak Karbon, Perlukah Turun Mesin?

Kompas.com - 27/05/2024, 09:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring usia dan pemakaian, akan terjadi penumpukan karbon pada ruang bakar. Kondisi ini akan mengganggu performa mesin, sehingga perlu dibersihkan.

Kepala Bengkel Auto2000 Pramuka Suparna, mengatakan, kerak karbon akan mudah menumpuk pada kendaraan yang jarang dipakai atau hanya dipanaskan sebentar tanpa dikendarai.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Mobil Baru Perlu Inreyen?

"Pemakaian BBM akan menjadi boros dan emisinya akan tinggi. Ini dampak parahnya jika kendaraan hanya dipanaskan sebentar dan tidak dikendarai," kata Suparna, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Gurah mesin diklaim lebih efektif mengangkat kerak karbon di mesindok. OJC Gurah mesin diklaim lebih efektif mengangkat kerak karbon di mesin

Lalu, apakah harus melakukan turun mesin untuk membersihkan kerak karbon yang menumpuk tersebut?

Kalau zaman dulu dibongkar, yaitu dengan cylinder head overhaul. Tapi, kalau zaman sekarang sudah banyak alat," kata Suparna.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Mobil Jarang Dipakai Bikin Komponen Jadi Rusak?

"Ada yang menggunakan teknologi membersihkan ruang bakar dengan cairan atau busa. Kemudian, ada juga yang pakai sistem hydro dan dengan cara-cara yang lain," ujarnya.

Proses gurah mesin dengan memasukkan cairan pembersih kerak karbon ke dalam lubang busiKompas.com/Erwin Setiawan Proses gurah mesin dengan memasukkan cairan pembersih kerak karbon ke dalam lubang busi

Suparna menambahkan, di Auto2000 bisa membersihkan kerak karbon, baik turun mesin atau tidak. Bisa juga dengan cairan busa tertentu dan akan dibersihkan tanpa membongkar dengan teknik tertentu.

"Itu dilakukan saat servis berkala. Maka, saran saya adalah lakukan servis berkala. Sehingga, hal-hal seperti itu akan terdeteksi oleh bengkel kita. Setelah itu, kita akan sarankan apakah perlu melakukan pembersihan kerak dan sebagainya," kata Suparna.

Soal biaya, membersihkan kerak karbon pada ruang bakar atau yang biasa disebut gurah mesin cukup beragam. Tapi, rata-rata tarifnya berkisar mulai Rp 100.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com