Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita Juga Bisa Jadi Sopir Truk, Pahami Triknya

Kompas.com - 25/04/2024, 19:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA,KOMPAS.com - Mengendarai truk bukanlah aktivitas yang lumrah dilakukan oleh kaum hawa. Saat ini profesi pengemudi truk sendiri masih banyak digeluti oleh pria. Maka dari itu masih sediki wanita yang tertarik memiliki keahlian mengendarai truk.

Dengan bobot dan ukuran yang lebih besar dari kendaraan pada umumnya, masih banyak wanita enggan mengendarai truk, bahkan cenderung tidak berani mengendarai truk.

Dharmawan Edy Susanto, VPC CBU Sales Operation Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) mengatakan, wanita enggan mengendarai truk lantaran dihantui cemas. 

Baca juga: Rossi Jelaskan Perbedaan Balapan MotoGP dan WEC

"Itu karena dia takut saja. Jadi pada dasarnya bawa kendaraan itu sama saja selama kita paham fungsinya. Saat mengendarai truk yang paling berat adalah perpindahan giginya kalau jenisnya manual maka pedalnya berat," katanya kepada Kompas.com, Kamis (25/4/2024). 

Terkait terknologi, saat ini sudah ada produk truk yang punya transmisi matik yang mudah digunakan. Maka dari itu kini mengendarai truk semudah mengendarai mobil penumpang. 

Oleh karena itu sebaiknya pengendara wanita membiasakan diri dengan situasi dan kondisi agar bisa beradaptasi dengan fitur truk. 

Wanita mengendarai trukKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Wanita mengendarai truk

Baca juga: Indonesia Diecast Expo ke-11 Digelar Oktober 2024

Kemudian umumnya wanita itu terlalu menggunakan rasa pada apa yang dilihat bukan logika. Misalnya pengendara wanita merasa truk  yang dikendarainya punya ukuran yang sangat besar dan jalan yang dilaluinya terasa kecil.

Oleh karena itu, biasanya pengendara truk wanita kerap kesulitan menempatkan posisi truk pada area aman lantaran takut menyenggol objek disampingnya. 

"Tipsnya adalah kalau kita ingin tahu pinggiran jalannya dimana, misalnya mau tahu posisi pinggir jalan sebelah kiri sudah benar atau belum, itu caranya lihat tengah jalan dan posisi setir sudah lurus atau belum. Makin tinggi truk akan mudah ke kanan atau tengah dan ini bahaya," katanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com