Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Perlu Mobil Di-spooring dan Balancing Usai Dipakai Mudik?

Kompas.com - 19/04/2024, 12:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Setelah mobil dipakai mudik Lebaran, salah satu yang perlu diperhatikan adalah perawatan kaki-kaki, seperti spooring dan balancing.

Pasalnyam perubahan sudut roda sering kali terjadi saat perjalanan jarak jauh yang melewati medan jalan tidak rata.

Baca juga: IMI Tertarik Bikin Kejuaran Gokart Elektrik

Ilustrasi pengecekan roda mobil untuk spooring dan balancingDOK. Bridgestone Ilustrasi pengecekan roda mobil untuk spooring dan balancing

On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk. Zulpata Zainal mengatakan, hal tersebut perlu dilakukan karena ban agak cenderung ke kiri.

“Biasanya gitu, tapi kalau tidak ada masalah sih tidak perlu di-spooring, demikian juga untuk balancing. Kalau tidak terasa setir bergetar, tidak perlu di-balancing,” kata Zulpata kepada Kompas.com, Selasa (16/4/2024).

Zulpata juga mengatakan, mobil perlu di-balancing ulang saat setir terasa getar ketika dikendarai.

“Yang pasti akan terjadi getaran atau vibrasi pada kecepatan 60 km per jam ke atas, tergantung kendaraannya, bisa mulai 60, 70, 80 dan seterusnya,” kata Zulpata.

Baca juga: Yamaha Kejar VR46 buat Jadi Tim Satelit, Syaratnya Berat


Selain itu, Zulpata juga mengatakan, semakin tinggi kecepatan setir bergetar ke kiri dan ke kanan, biasa disebut tire shimmy lama-kelamaan akan menyebabkan keausan pada ban yang semakin parah pada bagian telapaknya

Hal tersebut juga untuk menjaga keseimbangan roda agar keausan ban nantinya tetap merata.

“Yang juga diperlukan adalah dengan melakukan pengecekan kelurusan roda atau spooring atau alignment. Kemudian juga perlu balancing agar keausan bagian dalam dan luar pada telapak jadi merata pula,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com