Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Bicara Rem ABS buat Skutik Murah, Sesuai Kebutuhan

Kompas.com - 28/03/2024, 08:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Fitur Anti-lock Braking System atau ABS yang ada pada motor punya fungsi untuk mencegah roda mengunci saat mengerem mendadak alias hard braking. Biasanya, fitur ini hadir di motor premium, dengan mesin besar seperti 150cc ke atas.

Sempat ada wacana keamanan kalau fitur ABS sebaiknya digunakan di semua motor. Kalau begitu, skutik entry level dengan kapasitas mesin di bawah 125cc pun akan memiliki fitur canggih ini juga.

Tapi kalau semisal ABS jadi standar di semua motor di Indonesia, bukankah akan membuat pengendara di jalan jadi lebih aman? 

Baca juga: Dapat Subsidi Rp 7 Juta, Honda Tak Punya Target Jualan EM1 e

Honda Stylo 160 ABSKOMPAS.com/FATHAN Honda Stylo 160 ABS

Marketing Director PT Astra Honda Motor (AHM) Octavianus Dwi memberikan pendapatnya. Menurut dia, ABS bisa saja dijadikan opsi di masa depan yang terpasang ke skutik.

"Baik ABS atau CBS, itu Honda sudah mengembangkan dengan standar kualtas keamanan yang memenuhi syarat. Kami memberi opsi untuk konsumen sesuai kebutuhannya," ucap pria yang akrab disapa Octa, Selasa (26/3/2024).

Memang ada saja konsumen yang merasa butuh sistem keamanan tambahan di bagian pengereman. Cuma tidak sedikit juga yang cukup dengan fitur yang sudah ada sebelumnya.

Baca juga: Tips Hindari Antrean Panjang Pengisian BBM Saat Perjalanan Mudik


"Ada tambahan alat (ABS) pastinya (harga jadi lebih mahal). Agak sulit ngomong, karena ini sebenarnya kan pilihan ke masyarakat," ucap Octa.

Pada akhirnya, soal keselamatan bukan cuma bicara fitur ABS saja, tapi juga cara berkendara dan kebiasaan pengendaranya. Ada tidaknya fitur keselamatan tambahan, keselamatan ada di tangan pengendara itu sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com