Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Praga R1 Melantai di Indonesia, Dijual Mulai Rp 2,5 Miliar

Kompas.com - 28/03/2024, 10:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Showroom mobil premium, Glamour Auto Boutique kembali membidik para kolektor otomotif nasional, melalui peluncuran mobil balap dan sport asal Republik Ceko, Praga R1, di Jakarta, Rabu (27/3/2024).

Sebagai mobil Le Mans Prototype (LMP) yang telah berlaga di Supercar Challenge serta Britcar Endurance, kehadiran Praga R1 sebagai upaya menggairahkan pasar kendaraan Indonesia ke jenjang lebih jauh.

Baca juga: Kecelakaan di GT Halim, Truk ODOL dan Ugal-ugalan

Praga R1 di IndonesiaKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Praga R1 di Indonesia

"Mobil ini kita masukkan untuk memberikan suatu taste kepada para penggemar balap trek di Indonesia, bagaimana mencoba dan menaiki mobil LMP1 yang harganya terjangkau," ucap Jimmy Budhijanto, CEO Glamour Auto Boutique di Jakarta, Rabu (27/3/2024).

"Praga R1 merupakan LMP1 yang terjangkau. Harganya itu tergantung konsumen (kustomisasi) tapi mulai Rp 2,5 miliar sampai sekitar Rp 6 miliar," tambahnya.

Praga R1 sendiri merupakan mobil yang lahir dari upaya Praga Cars dan Rejsa Racing pada tahun 2013 untuk mendesain kendaraan roda empat tidak tertandingi di lintasan.

Mobil LMP1 dari Republik Ceko, Praga R1dok.Glamour Auto Boutique Mobil LMP1 dari Republik Ceko, Praga R1

Mobil ditenagai oleh mesin Renault 2.0-liter dengan tenaga hingga 365 bhp yang menjanjikan akselerasi yang mendebarkan dari 0 hingga 100 kpj dalam waktu yang singkat.

Sistem transmisi sequential 6-speed memastikan perpindahan gigi yang mulus dan responsif, sementara suspensi independen dengan setup yang bisa disesuaikan memungkinkan mobil melewati tikungan dengan presisi yang luar biasa.

Praga R1 di IndonesiaKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Praga R1 di Indonesia

Berbicara desain, bodywork, Praga R1 dirancang dengan cermat untuk memaksimalkan downforce dan efisiensi aerodinamis.

Fitur-fitur seperti splitter depan yang besar, diffuser belakang, dan spoiler yang dapat disesuaikan membantu menjaga mobil tetap stabil pada kecepatan tinggi, memberikan pengemudi kendali penuh di sepanjang sirkuit

Baca juga: Aprilia Rilis RS660 Trofeo, Khusus Trek dan Dijual Terbatas

Praga R1dok.Glamour Auto Boutique Praga R1

Adapun bagian interiornya, dengan fitur-fitur modern seperti layar LCD berwarna, sistem telemetri, dan kursi balap yang dapat disesuaikan, memastikan pengemudi dapat fokus sepenuhnya pada kinerja mobil.

"Mobil ini memiliki biaya perawatan yang lebih rendah dibanding LMP1 lain. Tapi kendaraan tidak mengorbankan kenyamanan pengemudinya," ucap Jimmy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com